Ternyata BlackBerry Pertama Dirilis 18 Tahun Lalu Bukan Smartphone, Lalu Seperti Apa?

0
1814
BlackBerry
Copyright ©job-like

18 Tahun Ada di Pasar Global, Ini BlackBerry Dulu Sampai Sekarang

Okeetkno.com – Pada tanggal 19 Januari 2018 tepatnya 18 tahun yang lalu perangkat smartphone BlackBerry pertama kali diperkenalakn ke publik. Perangkat ini dikealaka oleh perusahaan yang ketika itu masih bernama Research In Motion (RIM).

Penyematan nama ‘BlackBerry’ sendiri diberikan oleh perusahaan asal Kanada tersebut karena susunan tombol-tombol pada perangkat, susunaan tombol itu terlihat mirip dengan buah rubus atau Blacberry.

Sedangkan perangkat pertama RIM diberi nama Blackberry 850 dan dikenalkan dalam sebuah acara di Munchen, Jerman. Akan tetapi headset yang dirilis oleh RIM itu bukanlah ponsel pintar alias smartphone seperti yang dikenal saat ini. Perangkat tersebut berwujud sebuah pager yang dapat berkomunikasi dua arah seperti halnya pesan SMS.

Baca juga : Harga BlackBerry Z10 Terbaru Januari 2018 dan Spesifikasi

Namun Blackberry 850 sendiri bisa dikatakan sebagai perangkat pager yang inovatif karena kebanyakan pager yang muncul saat itu hanya bisa digunakan untuk menerima pesan tanpa mengirim balik. Hal itu sendiri menjadi permulaan dan siapa sangka tiga tahun kemduian Blackberry mulai mendapatkan tempatnya.

BlackBerry
Copyright ©kompastekno

Tepatnya tahun 2002, BlackBerry merilis handset petamanya yang mendukung jaringan GSM dan GPRS yakni Blackberry 5810. Ketika itu perangkat masih memiliki layar monokrom yang ditujukan untuk segmen korporasi serta menandai cikal bakal ponsel pintar.

Dua tahun selanjutnya tepatnya tahun 2004, perusahaan ini semakin mantap dengan ditambahnyaa aplikasi kirim pesan tanpa pulsa yaitu Blackberry Mesengger (BBM). Aplikasi ini hadir secara ekslusif dan menjadikan perangkat tersebut banyak diminati. Bahkan sukses besar diraih RIM ketika melahirkan Blackberry seri Cirve, Pearl, hingga Bold untuk segmen konsumen kelas menagah ke atas.

Perangkat yang dihadirkan itu juga mengadopsi sistem operasi (OS) buatan sendiri. Kepemilikian ponsel jenis ini saat itu bahkan dikaitkan dengan prestige yang tinggi. Namun sayangnya dua tahun kemudian, keberutungan Blackberry mulai meredup karena sejumlaah alasan.

Baca juga : Harga BlackBerry Aurora Terbaru Januari 2018 dan Spesifikasi, BlackBerry Android Nougat Pertama di Indonesia

Alasan tersebut diantaranya OS yang kurang kompatibel sehingga menyebabkan perangkat sering hang dan panas, spesifikasi yang monoton dan harga yang tinggi. Kemudian keberadaan BBM mulai tergeser dengan munculnya aplikasi chatting berbasis internet seperti WhatsApp dan Line. Hal tersebut diperparah dengan munculnya produsen smartphone baru seperti Apple dan Android yang menawarkan layanan serupa dengan harga yang lebih terjangkau.

Akibatnya saham Blackberry anjlok da perusahaan ini harus mengerahkan kekuatan lebih untuk bisa bertahan hingga kini. Untuk bisa bertahan dari situasi tersbeut, Blackberry dikabarkan memberhentikan atau mem-PHK sebanyak 4.500 karyawannya di seluruh dunia. Bukan itu saja perusahaan harus mengambil langkah yang tak terduga seperti beralih sistem operasi dari Blackberry OS menjadi android serta melepaskan ekslusifitas BBM agar dapat digunakan di perangkaat iOS dan Android.

Baca juga :  Harga BlackBerry Passport Terbaru Januari 2018 dan Spesifikasi Lengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here