Kolaborasi Dengan Tencent, Akankah Google Hadir di Tiongkok?

0
1010
google
Copyright ©pusat informasi

Google akan Kembali ke Tiongkok Melalui Tencent, Benarkah?

Oketekno.com – Dikabarakan Google telah menyepakati mengenai lisensi paten dengan perusahaan asal Tiongkok, Tencent. Salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia ini diketahui sebelumnya juga telah melakukan kerjasama serupa dengan perusahaan teknologi lainnya yakni Samsung dan LG.

Kesepakatan dengan perusahaan Tencent sendiri menjadi rencana Google untuk mengurangi potensi litigasi pelangggaran paten. Maka dari itu kesepakatan ini meliputi sejumlah produk dan bisa juga kolaborasi di masa depan. Namun meskipun begitu perusahan besar tersebut tidak mengungkap cakupan produk dan lisensi paten dalam kerjasamanya ini.

Terkait hal tersebut juga diungkapkan oleh Head of Patens Google, Mike Lee. ‘Kerjasama ini membuat kedua perusahaan bisa fokus membuat produk dan layanan yang lebih baik lagi untuk penggunanya’ ujarnya.

Baca juga : Google ‘Usir’ 60 Aplikasi Bemuatan Pornografi Dari Play Store

Meskipun demikian, banyak pula yang menyebut kesepakatan ini akan menjadi bagian dari upaya menghadirkan Google Maps di pasar Tiongkok. Diketahui jika pemerintah Negeri Tirai Bambu telah memblokir sejumlah layanan dari raksasa internet tersbeut. Maka dari itu terlihat beberapa beberapa tahun terakhir, Google terus berupaya meningkatkan kehadiran di pasar Tiongkok.

google
Copyright ©liputan6

Upaya yang dilakukan salah satunya dengan meluncurkan labortorium penelitian untuk kecerdasan buatan. Melalui penelitaian tersebut perushaan yang dipimpin oleh Sundar Pichaiitu berinvestasi pada aplikasi live streaming gim asal Tiongkok benama Chushou. Layanan ini sendiri mirip dengan layanan Youtube yang notabennya miliki perusahaan Google.

Sementara itu CEO Google, Sundar Pachai beberapa waktu terakhir juga sempat berbicara mengenai teknologi terkemuka di Tiongkok. Hal tersebut disampaikannya melaui acara yang digelar oleh Cyberspace Administration of China sebagai pengawas penyensoran internet. Meskipun begitu perusahaan tersebut menegaskan belum ada perubahan dalam Google Maps atau platform pemetaan milik Google di Tiongkok

Baca juga : Kecerdasan Buatan Lebih Penting dari Sumber Api dan Listrik, Ini Tanggapan Bos Google!

Pernyataan itu sekaligus membantah laporan sebelumnya yang menyatakan jika aplikasi pemetaan milik Google telah dirilis di negara berpenduduk terbesar did dunia tersebut. Perusahaan sendiri membantah dan menjelaskan versi situs web Google Maps telah tersedia di Tiongkok sejak bertahun-tahun lalu dan saat ini belum ada rencana untuk merilis versi aplikaisi itu.

Sementara itu Google Maps versi Tiongkok belum bisa diakses melalui peramban mobil maupun dekstop. Namun dari informasi lain menyebut jika aplikasi pemetaan ini telah ada diberbagai ruko aplikasi Tongkok.

Baca juga : Lenovo Smart Display, Perangkat Kolaborasi Lenovo dan Google Bikin Layar Sentuh Makin Pintar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here