Google Siapkan OS Android Baru Dengan Fitur Google Unified!

0
928
Copyright ©XDA Developer

Sistem Operasi Google Terbaru Memudahkan Update Sistem

oketekno.com Google, raksasa teknologi ini dikabarkan segera meluncurkan udpate sistem operasi terbaru yakni Android P. Dan sejumlah bocoran terkait sistem operasi tersebut pun kini sudah mulai banyak tersebar di internet.

Salah satu bocoran terbaru menyebutkan, jika Google telah membekali OS terbarunya itu dengan fitur Unified Push. Apakah itu? Dikutip dari laman GoAndroid, fitur tersebut merupakan salah satu inisiatif yang ditujukan agar pendistribusian pembaruan android secara global bisa semakin cepat nantinya.

Baca juga: Lenovo Smart Display, Perangkat Kolaborasi Lenovo dan Google Bikin Layar Sentuh Makin Pintar

Fitur Unified Push ini sendiri merupakan kelanjutan dari Project Treble, yakni sebuah cara interaksi baru antara inti software android dengan antar muka buatan dari setiap perusahaan smartphone tersebut.

Copyright ©XDA Developer

Dan kabar baiknya, dengan adanya fitur Unified Push ini maka untuk versi terbaru Android nantinya bakalan lebih cepat bergulir dibandingkan sebelumnya. Namun beredar informasi juga bahwa sejumlah pihak menyimpulkan tentang rencana Google untuk menutup bagian dari Android.

Baca juga: Android Message, Layanan Terbaru Goggle Saingi iMessage?

Dan hal ini dianggap akan membatasi kebebasan dari para pengembang dan juga pengguna dalam bekreasi dalam sistem operasi tersebut. sementara itu anggota dari kumunitas XDA Developers jika Android bakal membatasi aplikasi saat menggunakan API (Application Programming Interface) yang tersembunyi atau tidak bersertifikasi.

Namun hal tersebut dianggap bukan hal yang terlalu darurat karena API tersembunyi tidak digunakan oleh pihak ketiga. Dan Google sendiri mengakui jika mereka tak asing dengan ide membatasi sejumlah hal dan juga memaksa berbagai peraturan agar bisa menjamin ekosistem stabil dan menghpus berbagai hambatan.

Namun jika benar API ini dikunci, maka akan menimbulkan kesulitan bagi para pengembang di masa mendatang untuk mengembangkan aplikasi dari sistem operasi tersebut, tentunya dalam kurun waktu satu sampai dua tahun mendatang.

Baca juga: Kolaborasi Dengan Tencent, Akankah Google Hadir di Tiongkok?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here