Fitur Baru Android Oreo Bisa Tahu Kecepatan WiFi Sebelum Terkoneksi Lho

0
320
android-oreo
Copyright ©jalantikus

Android Oreo Hadirkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Tau Kecepatan WiFi Sebelum Terhubung

Oketekno.com – Google baru saja mengumumkan sejumlah fitur baru yang ada di Android Oreo. Fitur itu menunjukan kecepatan jaringan WiFi sebelum pegguna terhubung ke jaringan tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya Google sendiri sempat menyinggung fitur baru ini, namun kini akhirnya perusahaan teknologi tersebut mengumumkan fitur barunya itu. Fitur ini nantinya akan menampilkan informasi kecepatan jaringan WiFi publik sebelum pengguna terhubung ke jaringan.

Label kecepatan WiFI pada Android Oreo dapat diterapkan untuk membuka WiFi, jadi pengguna dapat mengukur kecepatan sebelum terhubung dengan jaringan. Fitur baru Android ini nantinya tidak bisa menunjukkan kecepatan jaringan secara persis. Artinya hanya akan diberikan gambaran tentang kekuatan sinyal bagi pengguna utuk menentukan apakan mereka ingin terhubung ke jaringan WiFi atau tidak.

Baca juga : Melibas Indonesia, Malaysia Juara Asia Pacific Predator 2018

Selaian itu syarat lainnya yakni smartphone harus terus menjalankan Android 8.1 Ore supaya bisa memanfaatkan fitur tersebut. Sedangakan untuk memeriksa kecepatan jaringan, pengguna diharuskan membukan aplikasi setting di ponsel cerdas masing-masing. Setelah itu dibawah tab Network and Internet, penggguna harus membuka daftar WiFi.

android oreo
Copyright©wccftech

Kemudian dari jaringan yang terdaftar pengguna hanya perlu memilih salah satu yang perlu dihubungkan. Setelah itu kecepatan koneksi akan ditampilkan dengan nama jaringan publik dan kecepatan yang ditampilkan tersebut bisa berubah sesuai dengan kekuatan sinyal.

Ada empat kategori yang digunakan sebagai parameter kecepatan Wi-Fi, dimulai dari yang paling cepat, yakni Very Fast, Fast, OK, dan paling lamban Slow. Jaringan yang berkategori Very Fast dengan kecepatan di atas 20 Mbps, bisa digunakan pengguna Android untuk melakukan streaming video berkualitas tinggi.

Baca juga : Mampu Bidik Gambar 360 Drajat, GoPro Fushion Dukung 14 Ponsel Android

Untuk jaringan berkategori Fast dengan kecepatan 5-20 Mbps haya mampu untuk melakukan streaming video berkualiras sedang. Pada kategori OK dengan kecepatan 1-5 Mbps hanya mengizinkan pengguna Android Oreo untuk membuka situs, menikmati musik streaming dan menggunakan media sosial. Sedangkan kategori Slow yang hanya memiliki kecepatan di bawah 1 Mbps, hanya disarankan untuk melakukan chatting atau voice call melalui layanan pesan instan saja.

Sementara itu pengguna juga dapat menonaktifkan fungsinya dengan membuka WiFI Preferece, dibawah tab WiFi yang sama, lalu dibawah opsi Advanced pilih None pada tab Network ranting provider. Kemudian Android Oreo sendiri memiliki fitur untuk mengaktifkan Wi-Fi secara otomatis. Sistem operasi (OS) ini akan melacak lokasi perangkat, lantas menghubungkannya dengan jaringan Wi-Fi yang sudah pernah terkoneksi sebelumnya secara otomatis.

Baca juga : Mytra Drive, Aplikasi Pemesanan Sopir Pribadi Terpercaya dan Nyaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here