Apple Siapkan Komputer Mac dan MacBook dengan Chip Khusus, Benarkah?

0
711

Tahun 2018, Apple Siapkan Komputer Mac dan MacBook dengan Chip Khusus?

Oketekno.com – Makin lama perusahaan Apple dinilai semakin banyak mengadopsi chip buatannya sendiri di sejumlah produk gadget besutannya, termasuk seri komputer Mac.

MacBook Pro high end yang diluncurkan pada tahun 2016 silam diketahui memiliki sebuah chip khusus buatan perusahaan untuk menjalankan tugas fungsi Touch Bar dan Touch ID. Kemudian iMac Pro yang dikenalkan pada akhir tahun 2017 lalu, juga hadir dengan berbekal custom chip untuk menangani pemrosesan kamera, enkripsi, dan audio.

Namun sepertinya perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California, Amerika Serikat itu belum berhenti sampai disini saja. Pasalnya belum lama ini ada sebuah laporan menyebutkan bahwa perusahaan itu tengah fokus menyiapkan setidaknya ada tiga model komputer Mac yang dilengkapi dengan custom co-prosesor buatannya.

BACA JUGA: Waduh.. Karena Tak Laku, Apple Pangkas Produksi iPhone X

Dalam sebuah keterangan yang dilansir dai Bloomberg pada hari Selasa 30 Januari 2018, mengatakan bahwa tiga buah komputer Mac yang dimaksud yaitu terdiri dari model desktop dan laptop. Tak cukup itu saja, kabarnya perangkat miliknya itu bakal diluncurkan di tahun 2018 ini.

Copyright ©Apple

Dalam dunia gadget, Apple sudah mulai menggunakan chip buatannya sendiri yakni berupa system-on-chip (SoC) yang disematkan pada perangkat iPhone sejak kemunculan iPhone 4 pada tahun 2010 silam.

BACA JUGA: Woow.. Apple Store Siap Dibuka di Kandang Samsung Lho

Kemudian, pabrikan yang punya lambang buah apel tergigit ini kemudian mulai merambah prosesor tambahan (co-prosesor) ciptaannya sendiri untuk mengerjakan tugas spesifik dengan lebih efisien sekaligus meringankan beban prosesor utama, misalnya Motion co-Processor seri M yang mulai diterapkan pada SoC A7 milik iPhone 5S pada 2013 silam.

Dan yang terakhir,  SoC A11 Bionic yang tertanam di iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X untuk pertama kalinya turut didukung oleh chip grafis (GPU) rancangannya sendiri, berikut sebuah Neural Engine, yaitu sebuah prosesor khusus untuk menangani pemrosesan artificial intelligence.

Seperti yang diketahui, hingga kini deretan komputer Mac masih mengandalkan prosesor buatan Intel sebagai pusat pengolahan paling utama. Beberapa jenis chip buatannya diikutkan sebagai tambahan memproses tugas lain yang lebih spesifik.

Untuk kedepannya, besar kemungkinan Apple akan mengambil langkah untuk menggunakan prosesor utama besutannya sendiri untuk komputer Mac.

BACA JUGA: Saingi Whatsapp Business, Apple Siapkan Fitur Baru?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here