Waspada Heartbleed Bug, Kerusakan Terparah Jaringan Internet

0
3727
Heartbleed bug
Heartbleed bug

OKETEKNO.COM | Sebuah kabar yang kurang baik mengejutkan pengguna internet di dunia dengan adanya celah atau bug yang di namakan Heartbleed. Celah tersebut adalah kerusakan pada openSSL yang biasa terdapat pada situs maupun layanan berbasis internet. OpenSSL adalah set protokol yang menangani keamana trafik data (Secure Socket Layer) yang di teruskan kepada Transport Layer Security (TLS) atau lebih mudahnya Open SSL adalah software yang selama ini di gunakan untuk mengamankan lalu lintas dalam dunia internet melalui sertifikasi digital.

 

Heartbleed bug
Heartbleed bug

Bukan hanya itu saja, fungsi lain dari OpenSSL adalah pada media penyimpanan segala informasi milik pengguna. Dan apabila kunci dari media penyimpanan tersebut mempunyai celah, maka kemungkinan kerentanan dan stabilisasi yang berkurang tersebut akan di manfaatkan oleh para peretas untuk mengambil data dengan mudah. Heartbleed adalah sebuah bug atau kerusakan digital pada OpenSSL tersebut yang menyerupai kriptografi. Kriptografi tersebut di gambarkan seperti grafik detak jantung pada alat monitoring detak jantung.

Menurut Mashable, adanya Heartbleed ini merupakan bencana terbesar yang di alami oleh dunia internet sepanjang sejarah berlangsungnya internet. Dan siapapun yang menjadi pengguna aktif internet bisa saja menjadi korban kejahilan para hacker dengan memanfaatkan situasi Heartbleed saat ini.

 

Peretasan komputer
Peretasan komputer

Bahkan bug pada dunia internet ini kemungkinan juga akan berdampak pada beberapa layanan raksasa internet seperti Facebook, Amazon, Yahoo, Twitter, dan lain – lain. Namun beberapa di antaranya juga mengaku sudah dapat memperbaiki sistem keamanannya tersebut. Beberapa upaya di lakukan untuk menutup kerusakan Heartbleed ini. Dan di himbau untuk para pengguna internet agar segera mengubah passwaord dari tiap akun miliknya untuk menghindari serangan Heartbleed tersebut.

 

Baca juga Tips Sederhana Penanggulangan Heartbleed

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here