Tips Menghasilkan Foto Bagus Dengan Kamera Smartphone

0
6123
Memaksimalkan hasil foto smartphone
Memaksimalkan hasil foto smartphone

OKETEKNO.COM | Dalam kemajuan zaman seperti sekarang ini, penggunaan smartphone untuk segala kebutuhan memang sangatlah meningkat. Ponsel dengan fitur kamera yang mumpuni tersebut menjadi pilihan untuk berfoto ria sehingga pasar kamera sedikit menurun dan tergeser. Namun kadang kwalitas foto yang di hasilkan dari kamera smartphone terlihat masih terbatas.

 

Memaksimalkan hasil foto smartphone
Memaksimalkan hasil foto smartphone

Keterbatasan kwalitas foto pada hasil lensa kamera smartphone bukan semata – mata kerena resolusinya yang kecil atau pada ukuran sensor gambar yang mentertainya saja. Hal tersebut juga bisa terjadi lantaran kekurangan pada cara kita mengoperasikannya. Dan berikut ini adalah tips bagi anda untuk dapat menghasilkan foto yang bagus dengan kamera smartphone.

 

Tips menghasilkan foto bagus dengan kamera smartphone

 

Memaksimalkan hasil foto smartphone
Memaksimalkan hasil foto smartphone

Dekatkan jaran antara kamera dengan objek

Kebanyakan kamera pada smartphone dapat menghasilkan gambar dengan kwalitas detil luar biasa adalah ketika anda mendekatkan kamera pada objek. Bekerjanya sensor kecil di dalam kamera membuat dept of field yang lebih lebar sehingga bidikan pada objek menjadi lebih fokus. Dan jangan lupakan tentang faktor pencahayaan yang cukup untuk menghasilkan gambar sempurna.

Kurangi penggunaan Zoom digital

Fungsi zoom digital memang untuk mendekatkan jarak antara objek dengan kamera. Namun pada hasilnya anda akan melihat kwalitas gambar yang jauh dari baik. Zoom akan mengurangi resolusi foto anda secara keseluruhan, dan apabila anda menggunakan smartphone dengan kamera yang memiliki lensa 8.0 MP, sebaiknya anda melakukan cropping foto daripada zooming untuk hasil terbaik. Jadi sebaiknya kurangilah fungsi dari zoom tersebut.

Foto editing

Ini adalah langkah yang memang sebaiknya anda lakukan saat hasil pada foto anda kurang memuaskan. Foto editing adalah kemampuan  untuk mengatur gambar yang tidak berlebihan, seperti pada kontras, ketajaman, dan suhu warna. Anda bisa melakukan editing melalui aplikasi di smartphone atau di komputer. Namun apabila menginginkan hasil yang sempurna, sebaiknya anda edit melalui komputer.

Gunakan aplikasi pendukung terbaik

Aplikasi kamera pendukung pada smartphone sudah banyak tersedia pada masing – masing toko online. Untuk mendukung hasil gambar yang lebih optimal, anda sebaiknya memilih aplikasi yang memiliki kontrol lebih kompleks. Sebut saja seperti aplikasi camera awesome dan camera + yang sudah tersedia di Google play store dan Apple App store.

Pastikan kebersihan lensa kamera

Ini adalah sisi yang paling sering di lupakan. Membersihkan lensa kamera juga akan mempengaruhi gambar yang di hasilkannya. Apalagi saat anda mengantongi smartphone anda tersebut pada saku celana. Untuk membersihkannya sebaiknya gunakan kain yang lembut atau sesekali gunakan larutan pembersih lensa untuk meningkatkan kwalitas fokus pada hasilnya.

Baca juga LG Kenalkan Prototipe Smartwatch, LG G Watch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here