Update Android Oreo Pada Xiaomi Mi A1 Kembali Ditarik Kedua Kalinya, Kenapa?

0
660
xiaomi-miA1
Copyright ©kmpastekno

Pengguna Kembali Keluhkan Kinerja Xiaomi Mi A1, Update Android 8.0 Oreo Terpaksa Ditarik Lagi

Oketekno.com – Setelah sempat menyatakan jika akan memberikan update sistem operasi (OS) Android 8.0 Oreo, kini hal itu kembali diurungkan oleh Xiaomi. Perusahaan teknologi asal Tiongkok itu terpaksa menarik lagi pembaruan tersebut dari perangkat Xiaomi Mi A1.

Penarikan ini menjadi yang kedua kalainya dalam kurun waktu sekitar dua bulan sejak perilisan update tersebut pada akhir 2017 lalu. Penarikan pertama terjadi pada pertengahan Januari 2018 kemarin dan penarika tersebut dilakukan bukan tanpa alasan.

Xiaomi melakukan penarikan kala itu setelah adanya keluhan baterai yang cepat habis, tombol navigasi yang tidak responsif serta ponsel yang mendadak restart. Ternyata, bug tersebut tidak sepenuhnya diperbaiki karena nyatanya keluhan baterai yang cepat terkuras masih saja dialami oleh pengguna smartphone Mi A1.

Baca juga: Rumor Nubia Z18, Smartphone Gaming Dengan RAM 8 GB

Bahkan permasalahan pada Xiaomi Mi A1 ditambah dengan masalah pada pemindai sidik jari alias fingerprint scanner yang dilaporkan telat merespon. Sontak keluhan-keluhan dari pengguna itupun ramai diperbincangan di forum Reddit, XDA dan juga forum komunitas Xiaomi pada minggu lalu.

xiaomi-miA1
Copyright ©Gtekid

Akibatnya perusahaan kenamaan asal Tiongkok itu harus kembali menarik update Android Oreo yang sebelumnya telah dilakukan. Namun kabar baiknya, Xiaomi telah mengkonfirmasi jika pihaknya sedang memperbaiki masalah utama yang dikeluhkan sebagian besar penggunanya.

Dari lansiran Android Authority menyebut jika masalah baterai yang cepat habis sudah berhasil diatasi. Sedangkan masalah sensor pemindai sidik jari yang lamban kini masih dalam penanganan dan perbaikannya akan segera menyusul.

Sementara itu peluncuran sistem operasi Android Oreo dari versi beta sendiri dianggap menjadi munculnya banyak bug pada Xiaomi Mi A1. Padahal seharusnya semua bug tersebut harus diberangus ketika masih dalam format Android versi beta. Jadi setelah bug itu diberangus, ponsel Mi A1 dengan update OS terbaru bisa diluncurkan ke publik.

Baca juga : Ingin Jadi Jawara, Ini Nih 5 Hero Mobile Legends Bakal Membawamu Menang di Ranked Mode

Sedangkan pada pembaruan Android Oreo sendiri muncul sejumlah fitur-fitur baru yang tak ditemui pada versi beta. Fitur tersebut yakni notification channels, picture-in-picture mode, autofill framework, smart text selection serta fitur yang dapat mempercepat proses pengisian baterai.

Fitur yang digadang-gadang mampu memperpanjang usia baterai samrtphone tersebut diberi nama wakelock detector. Wakelock detector merupakan aplikasi penghemat baterai yang akan mengidentifikasi dan memantau aplikasi untuk mencegah smartphone berada dalam mode deep sleep.

Baca juga : UC Browser Berlakukan Enkripsi Guna Menjamin Keamanan Akun Pengguna Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here