Kalahkan Samsung, Apple Sukses Jadi Vendor Smartphone Terbesar!

0
381
iPhone-SE-2
Copyright ©kompastekno

Wow, Apple Sukses Jadi Vendor Smartphone Terbesar!

Oketekno.com – iPhone sukses berada di posisi atas puncak klasemen pemasaran Smartphone dunia pada kuartal keempat tahun 2017 lalu. Hal ini menurut data terbaru dari firma riset International Data Corporation (IDC).

Shipment iPhone dalam periode tersebut mencapai 77,3 juta unit secara global. Apple sebagai pemilik iPhone kini mendapatkan predikat sebagai pabrikan ponsel terbesar di dunia, sukses menggeser vendor Samsung yang sebelumnya selalu mendapatkan gelar sebagai pabrikan terbesar di dunia. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu pun hanya mampu mencatat pengapalan sebanyak 74,1 juta unit.

Artinya, saat ini pangsa pasar perusahaan asal Amerika Serikat itu telah mencapai 19,2persen. Sedangkan vendor Samsung mampu menguasai sebesar 18,4 persen.

BACA JUGA: Apple Sebut Beri Diskon Baterai iPhone Sebagai Langkah yang Tepat!

Peluncurana tiga model Smartphone Apple jelang akhir tahun 2017 lalu diantaranya adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus dan yang terakhir iPhone X. Ketiga perangkat itulah yang diperkirakan berhasil mendongkrak jumlah pengapalan produk.

Copyright ©IDC

Meski vendor Apple berada di puncak klasemen, tapi ternyata besarnya pengapalannya mengalami peurunan sebesar 1,3 persen dari kuartal yang sama di tahun lalu. Akan tetapi pencapaian ini tidak seburuk yang dialami oleh Samsung. Pabrikan ini mengalami penurunan pengapalan hingga 4,4 persen. Hal ini terjadi lantaran penjualan ponsel memang mengalami penurunan secra menyeluruh, sebesar 6,3 persen secara year-over-year dari 430,7 juta unit menjadi 403,5 juta unit.

BACA JUGA: Ini Lho Penyebab Telegram Sempat di Blokir Apple!

Sementara itu  pihak lembaga riset memperkirakan bahwa penurunan ini disebabkan karena banyak konsumen yang enggan membeli perangkat baru. Sebagian dari mereka berpikir perangkat semacam ini merupakan kemewahan yang tidak mereka butuhkan.

“Serbuan flagship baru akhir-akhir ini mungkin mebuat konsumen mengambil jeda pada kuartal liburan. Dengan rata-rata flagship di tahun 2017 condong ke arah ultra high-end, banyak upgrader merasa perangkat bezel less macam ini hanya merupakan kemewahan yang tidak dibutuhkan,” Ungkap sang manajer riset mobile IDC Anthony Scarsella.

Dan ternyata, pernyataan itupun diperkuat oleh Jitesh Ubrani yang merupakan analis senior IDC.  Ubrani mengatakan, bahwa meski di tahun 2017 banyak sekali ponsel pintar flagship ultra high-end, tak jarang konsumen menganggap smartphone flagship sebelumnya masih layak dipilih dan lebih menarik dari faktor harga dibandingkan ponsel kelas atas model terbaru.

BACA JUGAIni Harga iPhone 7 dan 7 Plus Refurbish Resmi dari Apple, Jauh Lebih Murah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here