Android Nougat Jadi Sistem Operasi Paling Populer Lho, Apa Kabar Oreo?

0
348
Android Nougat
Copyright ©Android Community

Sistem Operasi Android Nougat Jadi yang Terpopuler!

OKETEKNO.COM – Sudah tidak bisa dipungkiri hadirnya smartphone berbasis Android memang membanjiri pasar. Penggunaan ponsel dengan OS Android bahkan mendominasi dibandingkan smartphone dengan OS Windows Phone atau iOS. Namun tahukah sobat bahwa penggunaan sistem operasi Android Nougat v7.0 dan v7.1 adalah yang paling banyak digunakan. Tak ayal Nougat menjadi sistem operasi android yang paling populer di dunia dengan meraih prosentase pengguna mencapai 28,5 persen.

Data terkait para pengguna sistem operasi tersebut resmi dirilis oleh raksasa Google dalam portal untuk developer pada Selasa (6/2/2018) kemarin. Android Nougat resmi menjadi OS Android yang paling populer di dunia diikuti Android Marshmallow v6.0 yang berada pada posisi kedua. Sistem operasi yang dirilis oleh Google pada tahun 2015 silam itu memperoleh prosentase sebesar 28,1 persen berbeda tipis dengan Nougat.

Baca Juga Simak yuk, Cara Menggunakan Fitur Android Nougat Terbaru!

Untuk diketahui sistem pengoperasian Android Nougat sendiri resmi dirilis Google pada tahun 2016 silam yang banyak diadopsi di berbagai smartphone android keluaran tahun 2016 dan awal tahun 2017. Lantas bagaimana dengan kabar sistem operasi versi anyar Google yaitu Android Oreo v8.0 yang dirilis pada 2017 lalu?

Android Nougat
Copyright ©Android

Berbeda jauh dengan sistem operasi Android Nougat yang digunakan banyak pengguna di seluruh dunia, sistem operasi Android Oreo ternyata masih memiliki sedikit pengguna saja. Para pengguna Oreo hingga saat ini hanya mencapai 1,1 persen saja dimana melemparkannya ke posisi ke-6 dalam daftar sistem operasi paling populer. Perolehan tersebut bahkan hanya meningkat sebesar 0,2 persen saja dibandingkan Oktober 2017 silam.

Dilansir dari The Verge pada Rabu (7/2/2018), mengenai ketersediaan dari sistem operasi terbaru memang sudah menjadi masalah besar bagi Android. Dapat dikatakan bahwa sistem pengoperasian Android yang digunakan para pengguna dalam ponsel pintar adalah sistem operasi bawaan yang pertama dipasang dalam smartphone tersebut saat pertama kali membelinya. Dalam arti lain tidak ada pembaruan sama sekali yang dilakukan pengguna. Untuk itulah sistem operasi Android Nougat begitu banyak digunakan oleh para pengguna hingga awal Februari tahun 2018 ini.

Baca Juga Android Oreo Miliki Fitur Baru, Mampu Mengatasi Baterai Boros di Smartphone

Namun jika dibandingkan dengan pesaingnya yakni sistem operasi besutan Apple yaitu iOS, hingga kini masih sekitar 28 persen pengguna perangkat iPhone dan iPad masih bertahan dengan sistem operasi IOS 10. Perlu diketahui waktu perilisan iOS 10 sendiri hampir bersamaan dengan perilisan Android Nougat dari Google.

Hanya saja angka yang diperoleh iOS 10 tersebut adalah angka yang kecil lantaran mencapai 5 persen pengguna iPhone dan iPad sudah beralih menggunakan sistem operasi terbaru yang dirilis Apple yaitu iOS 11. Hal ini memang berbeda dengan para pengguna Android yang masih bertahan dengan sistem operasi Android Nougat.

Baca Juga Ini Kelebihan Android Oreo Dibandingkan Android Nougat, Yuk Simak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here