5 Kebiasaan Salah Dalam Menggunakan Ponsel

0
12686
5 kebiasaan salah dalam penggunaan ponsel
5 kebiasaan salah dalam penggunaan ponsel

OKETEKNO.COM | Penggunaan ponsel atau smartphone saat ini memang sedang dalam tren yang menanjak bersamaan dengan meningkatnya persaingan di pasar gadget global. Seakan menjadi hal pokok, penggunaan ponsel yang terlampau sering bahkan kadang sampai lupa merawatnya itu kurang baik. Kebiasaan tersebut kadang dapat membuat umur ponsel anda semakin singkat.

 

5 kebiasaan salah dalam penggunaan ponsel
5 kebiasaan salah dalam penggunaan ponsel

Namun untuk memaksimalkan kinerja dari ponsel anda tersebut,  sebaiknya rawat dan perhatikan dengan baik kondisinya. Karena saat ponsel sudah rusak, baru terasa repotnya bukan? Dan beberapa kebiasaan berikut ini adalah sebuah kebaiasaan yang salah dan sebaiknya di hindari demi keawetan ponsel anda.

 

1. Tidak pernah di matikan

 

Banyak sekali yang salah mengartikan dengan tidak mematikan ponsel maka akan memper-awet kondisi baterai. Namun tahukah anda bahwa mematikan ponsel secara teratur justru malah menjaga ketahanan baterai? Sama seperti mahluk hidup, ponsel anda juga membutuhkan waktu untuk istirahat untuk tetap menjaga ketahanan komponennya.

 

2. Membiarkan Wifi atau Bluetooth tetap menyala

 

Pernahkah anda membiarkan ponsel anda terus mengaktifkan signal bluetooth atau wifi? Sebaikya hindari sebab selain akan menguras baterai lebih banyak, kebiasaan tersebut juga bisa menangkap sumber signal yang bisa jadi terinfeksi virus. Sebaiknya jangan pernah lupa untuk mematikan saat sudah tidak tidak di gunakan, terutama saat dalam perjalanan.

 

3. Mengisi daya baterai semalaman dan menggunakan charger tidak resmi

 

Kebiasaan yang seakan menjadi tradisi yaitu mengisi daya baterai sambil di tinggal tidur. Alasannya simpel, yaitu agar baterai tetap penuh saat akan di pakai keesokan harinya. Padahal andai anda ketahui, mengisi baterai semalaman akan memperpendek daya tahan baterai dan bisa menyebabkan baterai bocor.

Pemilihan penggunaan charger juga mempengaruhi. Apabila anda merasa charger resmi terlampau mahal, bukan berarti anda bisa tenang – tenang saja dengan charger merk lain. Karena kebutuhan voltase setiap ponsel berbeda – beda, jika anda terus menerus menggunakan charger lainnya bisa jadi baterai ponsel akan terbakar atau meledak.

 

4. Penggunaan pada suhu ekstrem

 

Suhu juga mempengaruhi kinerja dan daya tahan ponsel anda. Normalnya ponsel akan stabil apabila berada dalam suhu 16 – 30 derajat celcius. Jangan pernah menggunakan ponsel di suhu yang sangat dingin atau juga di suhu yang sangat panas. Hindari ponsel dari terkena paparan sinar matahari secara langsung.

 

5. Jarang di bersihkan

 

Ponsel anda adalah sarang kuman dan penyakit. Bersihkan ponsel anda secara rutin dan apabila di perlukan, gunakan sinar ultraviolet untuk mensterilkan ponsel dari kuman.

 

Baca juga Aplikasi Ini Memudahkan Anda Untuk Mengelompokkan Foto Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here