Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon Ditarik dari Peredaran, Kenapa?

0
247
Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon
Copyright ©Lenovo

Baterai Lenovo ThinkPad X1 Carbon Bermasalah

OKETEKNO.COM – Nampaknya masih cukup segar di ingatan kita mengenai perangkat Samsung Galaxy Note 7 yang ditarik dari peredaran sang vendor lantaran bermasalah pada tahun 2017 silam. Ternyata cara yang sama juga dilakukan oleh vendor asal Tiongkok yakni Lenovo. Usut punya usut pabrikan elektronik dari Negeri Tirai Bambu tersebut telah menarik laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon dari pasaran global lantaran bermasalah, Ada apa?

Bagi sobat pembaca yang menggunakan perangkat Lenovo ThinkPad X1 Carbon memang wajar jika anda mulai merasa cemas. Pasalnya pihak Lenovo telah memberikan pengumuman kepada seluruh pengguna laptop tersebut bahwa perusahaan akan mulai menarik ThinkPad X1 Carbon dari pasaran yakni dari seluruh jaringan toko resmi hingga retail mereka.

Baca Juga Kecewa, Laptop Tahan Air dan Tahan Banting ini Batal Dirilis di Indonesia!

Langkah yang diambil Lenovo ini memang cukup berani dimana hal itu lantaran mulai bermunculan masalah pada beberapa perangkat laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Masalah yang mulai terdeteksi tersebut adalah terkait komponen baterai yang dibenamkan dalam perangkat.

Menurut Lenovo memang ada masalah serius yang menimpa laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon pada baterainya. Masalah tersebut dikhawatirkan akan membuat perangkat rusak dan bahkan yang paling parah memiliki resiko membahayakan penggunanya sednrii dalam kondisi tertentu. Hal itulah yang mendasari Lenovo untuk menarik notebook ThinkPad X1 Carbon dari pasaran global.

Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon
Copyright ©Lenovo

Usut punya usut tidak semua unit laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon terkena imbas dari masalah tersebut lantaran hanya beberapa unit tertentu saja. Kabarnya masalah tersebut menimpa beberapa unit laptop ThinkPad X1 Carbon generasi ke-5 yang membawa kode produksi dimulai dengan kode “20HQ, 20HR, 20K3 dan 20K4.

Sementara itu terkait masalah ini pihak Lenovo sendiri belum memmbuka halaman dukungan resmi (page support) yang memungkinkan pengguna dapat mengenali nomor model perangkat Lenovo ThinkPad X1 Carbon yang dimiliki. Selain tu pengguna juga belum dapat memverifikasi apakah perangkat laptop ThinkPad Carbon X1 miliknya memiliki masalah yang disebutkan ataukah tidak.

Baca Juga Laptop Gaming Asus ROG G703 Hadir di Indonesia, Dilego Rp 60 Jutaan

Namun jika perangkat laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon terdeteksi masuk dalam daftar kode tersebut anda dapat langsung menghubungi halaman dukungan Lenovo untuk memperoleh penggantian unit yang baru secara gratis. Selain itu Lenovo juga memberikan penawaran akan melakukan perbaikan secara gratis sebagai opsional lain.

Bagi sobat yang ingin masuk ke halaman dukungan maka dapat menuju link yang dibuat oleh pihak Lenovo yakni https://support.lenovo.com/id/id/solutions/ht504453#determine. Laman tersebut akan membawa sobat ke menu halaman dukungan Lenovo dimana begitu sampai disana maka sobat dapat memilih nomor model dari perangkat Lenovo ThinkPad X1 Carbon 5th Gen untuk melakukan pencaian kode perangkat.

Baca Juga Mudah Banget, Begini Cara Menyambungkan Laptop Dengan TV!

Jika dari kode tersebut perangkat anda tidak tercatat ada dalam daftar maka anda dapat bernafas lega karena Lenovo ThinkPad X1 Carbon aman dan tidak terpengaruh dengan masalah baterai. Namun jika kode laptop anda tercatat maka segera masukkan nomor seri laptop anda. Selanjutnya sobat dapat mengklik ‘Kirim’ dan selanjutnya sobat akan mengetahui apakah perangkat anda memenuhi syarat untuk dilakukan penggantia ataupun perbaikan gratis. Selanjunya sobat dapat memilih lokasi tempat tinggal untuk memperoleh layanan terdekat. Selanjutnya anda tinggal menunggu pihak Lenovo memberikan informasi terkait penarikan laptop ThinkPad X1 Carbon milik sobat.

Sementara itu penyebab dari masalah baterai pada Lenovo ThinkPad X1 Carbon sehingga harus ditarik dari pasaran adalah sekrup pada komponen baterai yang belum dibuka. Lenovo mengungkapkan bahwa hal itu beresiko mampu merusak baterai laptop sehingga menyebabkan overheat atau suhu tinggi serta memiliki potensi kebakaran dan meledak. Tentunya masalah ini menjadi hal serius yang mampu mempengaruhi kenyamanan dan keamanan penggunanya.

Baca Juga Ternyata Ini Penyebab Laptop atau Komputer Lemot Saat Dinyalakan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here