Wearable Device Khusus Untuk Penyandang Tune Netra

0
4362
Wearable Device Khusus Untuk Penyandang Tune Netra
Wearable Device : FingerReader

OKETEKNO.COM | Mengorek sedikit sejarah, pada kisaran tahun 1829 ada seorang ilmuwan berasal dari Prancis yang sukses mengembangkan sebuah metode agar para penyandang tuna netra mampu membaca dan menulis dengan sistem yang hingga kini di kenal dengan huruf Braille. Namun meskipun demikian pengguaan huruf braille memang di khususkan dan terbatas saja penggunaannya.

 

Wearable Device Khusus Untuk Penyandang Tune Netra
Wearable Device : FingerReader

Belajar dari sejarah dan gagasan yang di miliki oleh Louise Braille tersebutlah beberapa peneliti dari Messachusetts Institute of Technology (MIT) mencoba untuk mengembangkan sebuah varian wearable device baru yang di khususkan untuk para penyandang tuna netra. Perangkat yang mampu di aplikasikan ke tubuh tersebut nantinya akan berbentuk cincin yang mempunyai nama FingerReader.

Alat dengan bentuk cincin dapat di kenakan pada jari peyandang tuna netra ketika hendak membaca buku. Dengan kamera yang tersemat di dalamnya, FingerReader akan mendeteksi secara langsung tulisan yang ada di buku dan membacakannya untuk para tunanetra melalui speaker internal yang mampu menghasilkan suara cukup keras. Menurut pengembangnya, FingerReader ini sudah menggunakan software yang cukup sensitif untuk mengenali teks meskipun jarak kamera FingerReader dengan buku tidak stabil.

 

Wearable Device Khusus Untuk Penyandang Tune Netra
Wearable Device : FingerReader

Sebenarnya sudah pernah ada teknologi berupa aplikasi pintar yang dapat membantu para peyandang tuna netra untuk melihat. Aplikasi yang bernama TapTapSee untuk Android dan iOS tersebut memanfaatkan kamera smartphone untuk memberikan informasi tentang objek yang berada di hadapan penggunanya. Dengan adanya FingerReader ini kita dapat berharap lebih agar wearable device tersebut bisa di gunakan untuk para Tuna netra di seluruh dunia, namun tentunya di butuhkan fitur penerjemah antar bahasa. Hanya saja hingga saat ini masih belum ada informasi apakah nantinya FingerReader akan menjadi unit produksi atau sekedar prototipe saja.

 

Baca juga Nikon Coolpix A, Kamera Compact Dengan Lensa Fix

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here