Berikut 4 Mitos RAM Banyak yang Belum Diketahui!

0
1988
Copyright ©NeweggBusiness

4 Mitos RAM Banyak yang Belum Diketahui, Apa Saja?

Oketekno.com – Saat hendak membeli laptop atau PC baru, salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah besarnya RAM alias Random Accesss Memory. Seperti yang kamu ketahui, RAM punya tugas untuk menyimpan data atau mengingat perhitungan sementara, sehingga membuat prosesor tak perlu mengulang perhitungan setiap saat.

Secara teori,  jika ukuran RAM besar maka seharusnya kinerja perangkat pun menjadi semakin bagus. Namun terlepas dari betapa pentingnya hal tersebut, banyak orang yang sepertinya salah paham mengenai RAM.

Sehingga muncul 4 Mitos RAM Banyak yang Belum Diketahui bahkan sampai saat ini . Biar tidak salah paham lagi, berikut ini ada beberapa mitos RAM yang ternyata salah.

BACA JUGA: Dell Boyong Note Barunya Ke Indonesia, Harganya?

1.Kita Tak Butuh RAM Besar

Pikirkan dulu apa kita butuh RAM lebih besar? Tidak kan? Lagi pula RAM yang saat ini kamu miliki bisa dikatakan cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi. Meski memang cukup, namun dengan menggunakan RAM yang lebih besar maka akan membuat aplikasi berjalan lebih cepat. Seperti yang diketahui, ukuran RAM 4GB merpakan ukuran minimum dalam sebuah laptop atau PC.  Namun ukuran yang terbaik adalah 8GB. Dengan RAM 8GB kamu tidak perlu menunggu lama ketika membuka aplikasi. Sedangkan RAM 16GB biasanya dibutuhkan untuk para profesional dan gamer.

Copyright ©RAM
  1. Banyak RAM Makin Kencang?

4 Mitos RAM Banyak yang Belum Diketahui selanjutnya yakni soal apakah banyak RAM performa juga akan makin kencang pula? Ternyata hal ini belum tentu benar, sebab selain ukuran RAM ada beberapa hal lain yang menentukan performa komputer.

Misalnya membeli komputer dengan RAM 8GB, kemudian meng-upgrade ke 16 GB. Secara umum, pengguna komputer biasa tidak akan melihat banyak perbedaan langsung antara RAM 8 GB dan RAM 16 GB. Sekali lagi, sebab RAM tak meningkatkan performa perangkat secara drastis.

BACA JUGA: Daftar Ponsel Xiaomi yang Dapatkan MIUI 9 Versi Global Stabil!

  1. Tak Bisa Menambah RAM Dengan Ukuran yang Berbeda

Kebanyakan laptop atau komputer memiliki dua slot memori. Mitos yang beredar adalah kedua slot harus memiliki ukuran RAM yang sama. Pasalnya RAM punya beberapa komponen yang semuanya bersatu untuk memberikan kinerja yang optimal. Misalnya di slot pertama 4GB, dan kamu bisa menambahkan RAM yang 8GB.

  1. Membebaskan RAM Guna Meningkatkan Kecepatan

Ini bisa dikatakan sebagai mitos yang menyebalkan, namun masih banyak yang melakukannya. Kerap kali pengguna menggunakan software “RAM booster” atau “memory optimizer” untuk membebaskan RAM yang digunakan oleh sistem komputer. Jika kondisi RAM penuh, membebaskan RAM ternyata tidak ada efeknya. Justru malah akan membuat sistem menjalam lambat. Perlu diingat bahwa RAM tidak sama dengan hard drive atau storage, RAM akan otomatis dapat menyesuaikan diri.

Nah itu dia 4 Mitos RAM Banyak yang Belum Diketahui selama ini.

BACA JUGA: Perkiraan harga iPhone SE 2 Terungkap, Harganya Lebih Murah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here