Cara Mengantisipasi Aksi Skimming yang Jadi Momok Menakutkan Untuk ATM

0
891
Waspada Skimming
Waspada Skimming Copyright ©Waspada Online

Waspadai Aksi Skimming!

OKETEKNO.com – Baru-baru ini, aksi pembobolan dana rekeni masyarakat yang terjadi di salah satu Bank ternama Indonesia kembali terjadi. Menurut pengakuan Bank yang bersangkutan aksi ini terjadi lantaran Skimming atau yang biasa dikenal dengan penduplikasian kartu ATM secara diam-diam.

Dari kejadian yang menimpa ini, alangkah lebih baiknya jika pihak Bank memberikan data secara jelas kapan dan dimana aksi ini berlangsung jika memang benar aksi ini disebabkan oleh Skimming. Namun sampai saat ini, belum ada indikasi jelas mengenai hal tersebut sehingga menimbulkan pertanyaan besar yakni apakah aksi Skimming ini hanya dijadikan kambing hitam untuk mayoritas kejahatan di mesin ATM.

Baca Juga : Gegara Jadikan Dua Bintang Hollywood Ini Sebagai Iklan, Snapchat Banjir Hujatan Lagi!

Jika ditelaah secara mendalam, selain aksi Skimming atau penduplikasian kartu ATM, aksi ini pasti dibarengi dengan peretasan database dimana pelaku akan memiliki data mengenai PIN pengguna sampai dengan data pribadi secara detail. Hal ini tentu sangat berbahaya dan merugikan nasabah sehingga tingkat kepercayaan masyarakat akan semakin berkurang.

Modus Operasi Skimming
Modus Operasi Skimming Modus Operasi Skimming Copyright ©RyanOzee

Sebenarnya, aksi Skimming bukanlah hal yang baru di dalam modus pencurian, aksi ini sudah cukup lama beredar di masyarakat dan banyak terjadi, lantas bagaimanakah cara menanggulanginya?

Salah satu prosedur keamanan yang bisa dilakukan untuk mengatasi Skimming ini adalah dengan dipasangnya penerima kartu yang tidak simetris sehingga nantinya akan mempersulit pemasangan skimmer. Namun untuk saat ini secara tekni bisa saja skimmer tetap dipasang pada alat anti skimmer dan tetap bisa dijalankan tanpa diketahui oleh korban.

Kemudian yang selanjutnya adalah dengan mendesain pemasangan nomor PIN sehingga tak bisa diketahui melalui kamera tersembunyi, untuk saat ini hal tersebut masih ada yang ditemui ATM dengan jenis nomor PIN yang terbuka sehingga aksi skimming bisa berkeliaran.

Baca Juga: AR Emoji Samsung Galaxy S9 Makin Lucu Berkat Kolaborasi dengan Disney!

Cara mencegah aksi skimming yang paling nyata sebenarnya mungkin adalah dengan memanfaatkan CCTV di setiap mesin ATM di seluruh Indonesia, penggunaan CCTV yang semakin diperketat dan menyeluruh ini diharapkan mampu menjadi tameng yang akan membentengi aksi Skimming.

Memang, untuk saat ini sudah banyak dipasang CCTV di berbagai ATM di seluruh Indonesia, namun yang terjadi adalah CCTV kemungkinan besar hanya digunakan sebagai pajangan yang mana belum bisa dimaksimalkan kegunaanya demi menjaga Nasabah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Buka Kantor Cabang di Indonesia, Amazon Web Service Bakalan Rekrut Engginer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here