Umar Ismail, Sosok Bapak Perfilman Indonesia yang Nongol di Google Doodle Hari Ini!

0
257
Umar Ismail
Umar Ismail as Google Doodle Copyright ©Google

Google Doodle Tampilkan Sosok Umar Ismail Hari Ini

OKETEKNO.com –  Ada hal baru lagi yang bisa kita saksikan dalam mode pencarian hari ini, Selasa 20 Maret 2018. Tepat di hari ini Google Doodle menampilkan sosok Umar Ismail di laman utama untuk memperingati ulang tahun beliau yang ke-97.

Sosok Umar Ismail sendiri lahir di Bukittinggi 20 Maret 1921 dimana sepanjang perjalanan hidupnya beliau menjadi salah satu sosok penting bagi perfilman Indonesia dimana telah meluncurkan lebih dari 30 film. Salah satu film karya Umar Ismail yang paling ternama adalah film dengan judul Darah dan Doa (The Long March of Siliwangi, 1950).

Baca Juga : Studio Musik Elektronik Tampil di Google Doodle, Hari ini!!!

Film yang merupakan adaptasi dari aspek cerita pendek dari cerita karya sitor situmorang ini menceritakan tentang Sudarto, guru yang terseret revolusi fisik pada perpindahan TNI dari Yogyakarta ke Jawa Barat pada tahun 1948. Film tersebut bahkan disebut sebagai tonggak hidup industry film di Indonesia.

Dan juga lantaran film tersebut, akhirnya Presiden B.J. Habibie menetapkan Hari Film Nasional bersama Dewan Film Nasional pada hari pertama syuting flm Darah dan Doa.

Perjuangan sosok Umar Ismail sampai menjadi terkenal ni ternyata dimulai dari perjalanan yang cukup panjang, perjalanan ini dimulai saat Umar Ismail sekolah di HIS, MULO-B, AMS-A II Yogyakarta. Kemudian beliau melanjutkan studi dengan memperoleh B.A di bidang sinematografi dari Unoversitas California, Los Angeles, Amerika Serikat pada tahun 1952.

Baca Juga : Selamat Ulang Tahun Google Ke-19, Kini Dirayakan Seluruh Dunia Melalui Doodle

Saat masa pendudukan Jepang di Indonesia, Umar Ismail gabung dengan Pusat Kebudayaan dan mendirikan klub Sandiwara Penggemar Maya dengan beberapa tokoh seni layaknya El Hakim, Rosihan Anwar, Cornel Simanjuntak, Sudjono, H.B. Jassin dan masih banyak lagi.

Ketika masih muda, Umar Ismail aktif jadi pengurus lembaga teater dan film, kemudian BMPN lah akhirnya yang mendorong pemerintah untuk membentuk ‘Pola Pembinaan Perfilman Nasional’ pada tahun 1967. Selain itu, Usmar juga dikenal sebagai pendiri Perusahaan Film Nasional Indonesia bersama Djamaluddin Malik dan para pengusaha film lainnya. Lalu, ia menjadi ketuanya sejak 1954 sampai 1965.

Selamat Ulang tahun Bapak Umar Ismail !

Baca Juga : Menkominfo, Operator, dan DPR Bahas NIK dan KK Pengguna Seluler, Data Aman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here