Gulirkan Update, Google Maps Sediakan Penunjuk Arah Untuk Pengendara Sepeda Motor Lho!

0
327
Copyright ©Kompas

Begini Cara Menggunakan Google Maps Versi Terbaru!

Oketekno.com – Seperti yang diketahui, selama ini Google Maps menunjukkan arah untuk beberapa jenis transportasi diantaranya mobil pribadi, transportasi umum, hingga pejalan kaki. Namun dalam aplikasi tersebut tidak ada arahan bagi pengendara sepeda motor.

Dari keadaan tersebut kemudian dilakukan perubahan yakni melalui update terbaru aplikasi tersebut khusus untuk pengguna Smartphone Android. Bahkan saat ini aplikasi itu sudah bisa di download di toko aplikasi Google Play Store. Dengan melakukan update tersebut, para pengendara sepeda motor kini bisa mendapatkan petunjuk ke tempat tujuan yang dirancang khusus untuk mereka.

Lantas apa perbedaan  antara rute pengendara sepeda motor dengan mobil? Product Marketing Manager Google Indonesia Sasha Sunu mengatakan bahwa khusus rute untuk pengendara sepeda motor, aplikasi ini akan ikut menyertakan rute yang berisi jalan pintas yang ukurannya kecil atau yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. Selain itu, Google Maps juga tidak akan menyertakan jalur melewati jalan tol yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Dengan adanya pembaruan ini tentunya makin mempermudah pengendara motor.

BACA JUGA: Gara-Gara Dikecam oleh Artis Hollywood Ini, Snapchat Lagi-Lagi Merugi Rp 11 Triliun!

“Jadi, akan diberikan opsi jalan-jalan kecil, jalan tikus. Perkiraan waktu tempuhnya juga disesesuaikan karena pengendara motor bisa selap-selip sehingga kerap lebih cepat sampai dibandingkan mobil,” ujar Sasha di Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Copyright ©Kompas

Agar bisa menggunakan rute khusus sepeda motor, yakni terlebih dulu mengunduh aplikasi yang versi 9.73 di Play Store. Setelah memasang update, buka aplikasi seperti biasa, tentukan tujuan, dan akan menampilkan petunjuk arah. Di bagian pilihan moda transportasi di sisi atas layar akan ada ikon baru bergambar sepeda motor. Klik ikon baru ini untuk mendapatkan rute untuk kendaraan roda dua.

BACA JUGA: Waduh, Facebook Terlibat Skandal Bocornya Data Pengguna Puluhan Juta Pengguna?

“Di bagian detail navigasi, patokan (landmark) yang mudah diingat akan ditandai dengan huruf ‘i’ dalam lingkaran biru, untuk mempermudah pengendara sepeda motor dalam mengenali rute dan mengingat jalur yang dilalui,” Kata Sasha lagi.

Seperti yang diketahui, rute sepeda motor ini dapat digunakan di seluruh Indonesia terutama di kota padat lalu lintas. Tapi sayangnya baru Android saja yang merasakan fitur ini. Pihaknya juga belum mengungkap kapan akan menggulirkan udpate Google Maps untuk pengguna iOS.

BACA JUGA: Siap-siap, GTA VI Bakalan Meluncur Tahun 2022 Nanti?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here