Ternyata Begini Proses Produksi Infinix Hot S3 di ARM!

0
713
Copyright ©metro

Kepoin Yuk Proses Produksi Infinix Hot S3 di ARM!

Oketekno.com – Seperti yang diketahui sebelumnya,  vendor Smartphone asal Hong Kong ini memutuskan untuk berani blak-blakan soal proses produksi salah satu ponsel andalannya yakni Infinix Hot S3, yang perakitannya dilakukan di Indonesia.

Vendor ponsel ini resmi menjalin kerja sama dengan PT Adi Reka Mandiri (ARM) sebagai vendor lokal yang akan merakit salah satu smartphone andalannya.

Bahkan khusus untuk acara tersebut, pihak ARM pun meliburkan dua hari hari dari empat lini produksi yang sudah beroperasi. Ta hanya itu, laju produksi pun tentunya disesuaikan supaya bisa didokumentasikan secara baik.

BACA JUGA: Pabrik Indonesia Ini Jadi Tempat Produksi Smartphone Infinix!

Di dalam pabrik yang berlokasi di Cikarang itu, sejumlah media diperbolehkan untuk melihat secara langsung proses pembuatan Hot S3. Demi alasan keamanan, setiap pengunjung harus mengenakan pakaian khusus dan tidak diperbolehkan menyentuh apa pun tanpa mengenakan sarung tangan.

Copyright ©tek.id

Pada  tahap produksi awal dilkukan pemasangan setiap bagian, mulai dari kamera, speker, hingga tombol yang tersemat di bodi ponsel. Beberapa tes dilakukan oleh sekitar 40 orang di setiap lini produksi.

BACA JUGA: Infinix Hot S3 Bakal Terima Update Face ID, Kapan?

Meski ditahap awalnya dibuat dengan tangan manusia, namun bukan berarti kalau pembuatan Infinix Hot S3 tidak menggunakan bantuan mesin. Masih terdapat sejumlah mesin sederhana untuk membantu para pekerja seperti dalam mencetak serta memeriksa label IMEI.

Setelah semua bagian terpasang, kemudian ponsel akan memasuki ke mesin yang lebih canggih. Laboratorium Office of Quality Assurance (OQA) merupakan ruangan yang digunakan untuk menyimpan sejumlah mesin tersebut. Di ruangan itu, Hot  S3 akan melewati vibration test. Dalam tahapan tes ini, ponsel tersebut akan diguncangkan oleh mesin selama kurang lebih satu jam.

Lalu, ponsel akan dilakukan pengisian daya terus menerus sekitar tujuh jam lamanya, sembari menjalankan berbagai aplikasi. Langkah selanjutnya Hot S3 akan dipanggang selama kurang lebih 98 jam.

Semua tes yang dilakukan ini tentunya untuk menguji ketahanan perangkat di berbagai situasi tertentu. Setelah semuanya selesai dan berfungsi dengan baik, barulah dilakukan pengemasan yang dikerjakan oleh tangan manusia.

ARM rupanya mampu memproduksi 700 unit Hot S3 per shift tiap harinya. Satu shift waktunya sekitar selama 7,5 jam sehari, dengan tiap pekerja bekerja selama 22 hari per bulan. Selain memproduksi Infinix Hot S3, ARM pun juga memproduksi ponsel dari sejumlah vendor lain seperti BlackBerry, Smartfren, LG, hingga Leagoo.

BACA JUGA: Infinix Bakal Ikutan Lahirkan Smartphone Mirip iPhone X?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here