Puluhan Juta Data Bocor, Pendiri Facebook Masih Bungkam?

0
332
Facebook (FB) Dalam Sehari Jumlah Orang Mengunjungi Capai Satu Miliar, Waw Fantastik!

Pendiri Facebook Masih Bungkam? Kemana Dia?

Oketekno.com – Hingga detik ini Mark Zuckerberg belum memberikan komentar apapun setelah terungkapnya ada kebocoran data pribadi sekitar 50 juta pengguna.  Bahkan usai perusahaannya mendapat panggilan untuk  investigasi, kabarnya nilai perusahaan langsung anjlok. Walaupun sudah ada aksi kampanye di media sosial untuk #DeleteFacebook, namun Zuckerberg masih betah tutup mulut.

Di lansir dari laman The Guardian pada hari Rabu 21 Maret 2018, saham Facebook dikabarkan mengalami penurunan sebesar 6,77 persen setelah kabar ini mencuat. Nilai valuasi perusahaan pun turun higga US$ 36 miliar atau setara dengan Rp 495 triliun seiring dengan kekhawatiran investor atas kasus kebocoran data yang menimpa jejaring sosial tersebut.

Tak cukup itu, kabarnya nilai kekayaan pendiri FB itupun juga turun sebesar US$ 6,06 miliar atau setara Rp 83,3 triliun. Namun media sosial asal Amerika Serikat ini mengumumkan bahwa pihaknya akan menggunakan bantuan dari perusahaan forensik guna melakukan audit terhadap Chambridge Analytica untuk menentukan apakah perusahaan tersebut masih memiliki salinan data yang bersangkutan atau tidak.

BACA JUGA: Terungkap! Ternyata Ini Misi Mark Zuckerberg Ciptakan Facebook Kala Berusia 19 Tahun!

Menurut penjelasan yang disampaikan oleh pihak Facebook, Information Commissioner Office Inggris minta sejumlah orang dari perusahaan digital forensik bernama Stroz Friedberg itu untuk pergi dari kantor Chambridge Analytica di Inggris sehingga pihak berwenang bisa melakukan penyelidikan sendiri. Bahkan The Observer telah melaporkan bahwa perusahaan Global Science Research (GSR) berhasil mengantongi puluhan juta profil pengguna dan kemudian menjual data-data tersebut ke Chambridge Analytica.

facebook
Copyright ©telegraph

Menurut laporan The New York Times, Chambridge Analytica punya data itu. Meski begitu, Chambridge Analytica masih saja mengelak bahwa mereka sebenarnya tahu kalau data itu akan digunakan tak seharusnya digunakan.

BACA JUGA: Waduh, Facebook Terlibat Skandal Bocornya Data Pengguna Puluhan Juta Pengguna?

“Jika data tersebut masih ada, tentunya hal ini menyalahi kebijakan Facebook dan itu adalah pelanggaran yang tak bisa diterima,” Kata FB dalam sebuah pernyataannya.

Disisi lain anggota parlemen Amerika Serikat memerintahkan bos FB untuk bersedia memberikan kesaksiannya atas pelanggaran data ini. Ya, Zuckerberg diminta untu memberikan jawaban secara detail mengenai masalah ini hingga tanggal 13 April 2018 mendatang. “Ini saatnya Mark Zuckerberg berhenti bersembunyi di balik page Facebook-nya,” Ujar Perwakilan Senat Damian Collins.

Bahkan pertanyaan mengenai orang nomor satu di Facebook ini juga terus suarakan salah satunya di Twitter dengan menuliskan hashtag #WheresZuck terkait aksi bungkam Zuck.

BACA JUGA: Ternyata Facebook Diam-diam Luncurkan Aplikasi WiFi Super Cepat Untuk Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here