Facebook Melacak Riwayat Telepon Pengguna Android!

0
495
Facebook -
Copyright ©Engadget

Awas, Facebook Lacak Riwayat Panggilan Pengguna Android Lho!

OKETEKNO.com – Tidak Hanya menyimpan Alamat Email serta Nomor Telepon Pengguna, Facebook Diklaim juga Menyimpan Riwayat Atau Rekjam Jejak Panggilan Telepon dan SMS dari Ponsel Android. Hal Ini didasarkan Pada Laporan beberapa pengguna yang sudah mengunduk semua data Pada Akun FB mereka.

“Astaga, kumpulan file Facebook saya berisi setiap panggilan telepon dan SMS yang saya kirim dalam setahun terakhir,” kata pengguna bernama Mat Johnson.

Baca Juga: Ketik Kata BFF untuk Cek Keamanan Facebook Ternyata Cuma Hoaks!

Selaim Mat Johnson, Pengguna Lain dari FB Dylan McKay Kliam Bahwa Facebook Telah mengenail polanya dari berkomunikasi. Hal ini bisa kelihatan pasalny rekam jejak panggulan teleponnya Cuma dari orang-orang terdekat.

Sebenarnya Facebook tak diam-diam mengumpulkan riwayat panggilan Telepon dan SMS dimana jejaring Sosial Media tersebut meminta Izin Kepada Pengguna dengan menggunakan dalih peningkatan Algoritma Rekomendasi Teman.

fb
Copyright ©The Telegraph

Permintaa ini ditampilkan ketika pengguna melakukan installasi FB untuk pertama kalinya di Ponsel Android.

Baca Juga: Christopher Wylie, Si Pengungkap Kebocoran Jutaan Data Pengguna Facebook!

File tersebut nantinya akan diakses sekali dan kemudian disimpan sehingga Facebook Tidak akan memperbaharui file cached saat permintaan izin kedua dan seterusnya.

Dengan beredarnya kabar ini, pihak FB mengemukakan klarifikasi yang berintikan bahwa hal ini sudah lumrah terjadi lantaran algoritma rekomendasi teman akan memulai mengumpulkan panggilan Telepoin dan SMS.

“Bagian terpenting dari aplikasi yang membantu Anda membuat koneksi adalah membuatnya gampang untuk menemukan orang yang ingin Anda ajak berkoneksi,” kata juru bicara FB

“Jadi, pertama kali Anda mendaftarkan diri ke aplikasi media sosial, sudah hal biasa bagi layanan untuk memulai mengumpulkan data-data panggilan telepon dan SMS,” ia menambahkan.

Sebelum hal ini heboh ke permukaan, Facebook sudah terlibat skandal bocornya data 50 juta pelanggan dicuri dan disimpan oknum yang kurang bertanggung jawab untuk mendukung Donald Trump Pada pemilu AS 2016 lalu.

Kasus ini heboh sehingga memicu kekhawatiran secara global, bahkan sampai saat ini banyak yang mulai meninggalkan FB karena kasus skandal yang cukup mengecewakan tersebut.

Baca Juga: Ternyata Ini Harga Jual Satu Akun Facebook!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here