Infinix Zero 5 Curangi TKDN Indonesia?

0
596
infinix zero 5
Copyright ©mysmartprice

Kominfo Selidiki Dugaan Kecurangan Infinix Zero 5 Soal TKDN

OKETEKNO.com Infinix Zero 5 sudah dirilis di Indonesia sejak awal tahun atau bulan Januari lalu. Ponsel pintar dengan dukungan spesifikasi tangguh ini dinilai telah memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam negeri (TKDN) di situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Skema pemenuhan TKDN ini ditempuh melalui jalur Hardware, dimana Infinix Zero 5 yang dipasarkan di Indonesia Harus dirakit di dalam Negeri. Kendati demikian ada dugaan kecurangan dalam proses distribusi.

Baca Juga: Selalu Gagal Registrasi SIM Card Lewat SMS, Ini Solusi Jitunya!  

Infinix Zero 5 “Made in China” dengan kartu garansi Indonesia sudah banyak ditemui di toko online Lazada dan bisa langsung dibeli oleh masyarakat.

Menanggapi berbagai hal tersebut, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Mochamad Hadiyana mengatak pihaknya bakalan Menghubungi Pihak Infinix di Indonesia.

Infinix Zero 5 dirilis
Copyright©howtotechnaija

Pertama yang dilakukan kominfo yakni memeriksa, apakah produk yang dijual online tersebut merupakan produk mereka atau bukan. Kemudian pihaknya lagi akan melakukan cek, jika produk tersebut berasal dari Luar Negeri (Tak Memiliki Sertifikat TKDN) maka pihaknya akan mendatangi Online Shop tersebut dan melakukan pembinaan, memintanya untuk me-reekspor produk tersebut.

Baca Juga: Google dan Facebook Cs Bahas Konten P*rnografi Bareng Kominfo, Apa Hasilnya?  

Mochamad Hadiyana mengungkapkan bahwa pelanggaran seperti ini harus segera diambil tindakan tegas. Pabrikan atau pemasok perangkat 4G yang curangi aturan TKDN akan dibawa ke ranah hukum lantaran merujuk pada UU 36 Tahun 1999 Pasal 32.

Sampai saat ini masih belum diketahui siapakah yang bersalah dalam kasus Infinix Zero 5 ini, apakah berasal dari pabrikan lain ataukah langsung dari Toko Online tersebut.

Untuk informasi, TKDN merupakan nilai atau presentase komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah produk berbasis jaringan 4G LTE. Angka minimalnya TKDN sektor ini adalah 30 Persen agar ponsel tersebut bisa masuk secara resmi ke Indonesia.

Saat peluncurannya, Infinix Zero 5 Sejatinya mengatakan bahwa lulus TKDN dan sudah menjalin mitra dengan 2 pabrik perakitan di Indonesia, selain itu Menurut situs TKDN, ponsel dengan nomor model Infinix x603-LTE itu telah berhasil melewati Standar TKDN yang ditentukan Indonesia dengan nilai 30.63 Persen.

Baca Juga: Indonesia Bakal Rasakan Kecepatan Internet Super Tinggi Sebelum 2024!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here