Acer Chromebook Tab 10 Melenggang Sasar Dunia Pendidikan Saingi iPad, Ini Harganya!

0
342
Acer Chromebook Tab 10
Copyright ©GSMArena

Tablet Acer Chromebook Tab 10 Incar Pelajar dan Tenaga Pendidik!

OKETEKNO.COM – Sistem operasi Chrome OS seperti yang kita ketahui selama ini umumnya digunakan pada perangkat laptop atau notebook, desktop, all in one (AiO) hingga perangkat konvertible notebook yang dapat diubah menjadi tablet. Namun belum selama ini belum ada tablet murni yang berbekal Chrome OS. Namun kini pabrikan asal Taiwan yakni Acer membuat tablet Chrome OS pertama di dunia pada perangkat yang bertajuk Acer Chromebook Tab 10. Seperti apa ketangguhannya?

Perangkat tablet ini nampaknya siap menjadi pesaing utama perangkat iPad besutan Apple yang menyasar segmen pendidikan. Apalagi perilisannya dilakukan sehari sebelum Tim Cook merilis iPad murah terbarunya yang sama-sama hadir dengan layar 9.7 inchi. Perangkat tablet Acer Chromebook Tab 10 ini juga dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif menyasar segmen pasar kelas menengah.

Baca Juga Acer Rilis Dekstop Super Tipis dan Berbingkai, Ini Harganya!

Adapun bentang layar dari tablet Acer Chromebook Tab 10 ini sendiri memang mendekati ukuran 10 inchi tepatnya berdiagonal 9.7 inchi. Layar tersebut hadir dalam resolusi 2048 x 1536 pixels yang memang identik dengan iPad murah terbaru Apple. Yang menarik adalah, tablet Chromebook besutan Acer ini mendukung penggunaan pen stylus layaknya phablet Galaxy Note besutan Samsung. Tab 10 ini telah dilengkapi stylus EMACM Wacom lengkap dengan slot tersendiri dimana tidak memerlukan baterai maupun pengisian daya.

Acer Chromebook Tab 10
Copyright ©GSMArena

Sementara untuk spesifikasi Acer Chromebook Tab 10 ini sendiri hadir dengan dipersenjatai oleh chipset OP1 yang sempat dibenamkan pada laptop Samsung Chromebook Plus. Processor yang ditanamkan adalah Dual-core Cortex-A72 dan Quad-core Cortex-A53 dimana telah diperkuat RAM 4 GB yang siap menghasilkan performa handal. Performanya juga disokong dengan kapasitas penyimpanan internal besar berkapasitas 32 GB yang masih dapat diperluas dengan microSD.

Konektivitas pada tablet Acer Chromebook Tab 10 dengan harga menengah ini mendukung koneksi via WiFi ac serta telah didukung port USB Type-C, Bluetooth v4.1 hingga port audio 3.5 mm jack. Meskipun berjalan dengan sistem operasi Chrome OS namun Acer Tab 10 sepenuhnya mendukung berbagai aplikasi berbasis OS Android. Di bodi belakangnya bercokol kamera utama beresolusi 5 MP dan dibagian depan bertengger kamera selfie berkekuatan 2 MP.

Baca Juga Acer Rilis Predator Orion 9000, Dekstop Gaming Seharga Rp 90 Juta!

Tablet Acer Chromebook Tab 10 ini didukung dengan speaker ganda serta ditenagai baterai berkapasitas lumayan besar dimana diklaim mampu bertahan hingga 9 jam pemakaian normal. Tablet ini memang menjadi pesaing iPad 9.7 dengan harga murah lantaran juga dibuat untuk menyasar kalangan pelajar dan tenaga pendidik di dunia pendidikan.

Menyasar dunia pendidikan, banderolan harga perangkat ini juga cukup bersaing. Harga Acer Chromebook Tab 10 dibanderol dengan harga USD 329 atau sekitar Rp 4.3 jutaan per unitnya. Sementara harga stylus dijual USD 99 atau setara Rp 1.2 jutaan dimana hadir sebagai aksesoris yang dijual terpisah. Tablet Chrome OS pertama didunia ini mulai dijual di Amerika Utara pada April 2018 dan selanjutnya akan dilepas di pasar global pada Mei 2018.

Baca Juga Apple Akan Luncurkan iPad Murah Untuk Sasar Dunia Pendidikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here