Kantongi Lisensi Dari Dolby, Bikin Audio Smartphone Oppo Makin Keren!

0
938
Copyright ©

Audio Smartphone Oppo Makin Keren Berkat Lisensi Dari Dolby!

Oketekno.com – Sebelum akhirnya merilis Oppo F7 di Mumbai, India, mereka mengumumkan terkait kerjasamanya dengan Laboratorium Dolby. Kemitraan antara kedua pihak ini mengenai hak kekayaan intelektual.

Ketika ditanya mengenai ikatan kerja sama ini, Aryo Meidianto  selaku PR Manager Oppo Indonesia menjelaskan bahwa sebenarnya kerjasama antara Oppo dan Dolby ini sendiri sudah terjalin sejak lama. Namun hanya saja, dalam pengumumannya kali ini ia menerima lisensi paten untuk memboyong teknologi Dolby’s High-Efficiency Advanced Audio Coding (HE AAC) dan JPEG-HDR ke sejumlah lini ponselnya.

Sekedar informasi, teknologi HE AAC merupakan standar internasional untuk pengkodean audio yang diresmikan untuk dipakai oleh Dolby Laboratories ke berbagai perusahaan di seluruh dunia. Sedangkan JPEG adalah bagian standar penyandian gambar statis yang nantinya akan melakukan proses penyimpanan data dalam highly dynamic range lebih dari 8-bit.

BACA JUGA: Harga Oppo A1 dan Spesifikasi, Smartphone Fullscreen Bisa Hasilkan Foto 50MP

Aryo menjelaskan bahwa semua ponselnya sudah lama menggunakan Dolby. “Semua Smartphone Oppo sudah Dolby. Cuma kali ini kami dikasih lisensi paten itu tadi. Sebelumnya cuma kerjasama biasa, ada teknologi Dolby di ponsel. Sudah lama kok,” Kata Aryo pada hari Rabu, 28 Maret 2018.

Copyright ©fristpost

Usut punya usut, sebelum pihaknya bekerja sama dengan Dolby, perusahaan asal Tiongkok ini menyerahkan semua urusan audio kepada perusahaan Wave Audio. Akan tetapi mereka baru beralih menggunakan teknologi tersebut sejak meluncurkan perangkat setelah Find 7.

BACA JUGA: Oppo F7 Dipastikan Bakal Melenggang di Indonesia, Kalau Oppo F7 128?

Tidak hanya tersemat di speaker, earphone mereka ternyata juga menggunakan standar Dolby. “Jadi, mereka memberikan referensi standarnya seigni, ohm-nya segini, dan yang lain,” Jelas Aryo lebih lanjut.

Dengan mengandalkan teknologi HE AAC dan JPEG-HDR, memungkinkan perangkat akan menghasilkan suara yang lebih keren. Sebab lisensi ini berhasil didapatkan tidak lama sebelum akhirnya F7 diluncurkan, maka perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu belum sempat untuk membekalinya dengan teknologi audio baru ini. “F7 ada Dolby kok. Cuma yang baru ini belum, karena baru dapat lisensi paten belum bisa dijalankan,” Pungkas Aryo.

Diketahui, F7 hadir sebagai Smartphone terbaru Oppo hadir dengan memboyong segudang pembaruan. Namun sayangnya belum diketahui pasti kapan ponsel ini menyambangi Indonesia.

BACA JUGA: Keren, Kamera Belakang Oppo A1 Bisa Jepret Foto 50MP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here