Begini Sikap Tim Cook Seandainya Jadi Bos Facebook!

0
794
facebook-6
Copyright ©zdnet

Sikap Tim Cook Seandainya Jadi Bos Facebook, Bagaimana?

Oketekno.com – Sebelumnya bos WhatsApp sempat melayangkan sindiran kepada Facebook masalah kebocoran jutaan data pengguna, dan kini giliran bos Apple melakukan  hal yang sama.

Bulan ini bisa dikatakan sebagai titik terberat bagi FB. Skandal kebocoran data FB dan Cambridge Analytica memang baru saja reda,  namun hal itu langsung disusul dengan pengguna yang kaget histori panggilan dan SMS mereka ternyata disimpan platform besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Ternyata skandal yang dialami FB kembali mengingatkan publik terkait istilah yang populer di era internet seperti sekarang: “Bila kamu tidak membayar, kamu bukanlah pelanggan, kamu adalah produk yang dijual”.

BACA JUGA: Ternyata Begini Cara Cambridge Analytica Manfaatkan Data Pengguna Facebook Untuk Menangkan Trump!

Terkait skandal itu, Tim Cook sekalu CEO Apple  akhirnya ikut bersuara. Seperti yang dilansir dari Recode pada hari Kamis 29 Maret 2018, Cook mengatakan bahwa seharusnya platform yang ciptakan ketika Zuck masih berusia 18 tahun itu mampu meregulasi diri mereka sendiri, namun sayangnya ini sudah terlambat.

Copyright ©makemac/ edited: oketekno

Untuk kasus yang menimpa FB saat ini, maksud produk yang dijual merupakan jutaan data pengguna seperti yang dilakukan oleh tim kampanye Obama dan Cambridge Analytica. Keduanya sama-sama dituding telah melakukan eksploitasi data di FB yang digunakan untuk kepentingan politik.

BACA JUGA: Penasaran dengan Facebook Puberty Chalengge? Begini Cara Mainnya!

Cook pun menjelaskan terkait kebijakan yang dianut Apple perihal melindungi pelanggan. “Faktanya adalah kami bisa saja menghasilkan banyak uang bila kami menguangkan pelanggan kami andaikan mereka kami jadikan produk. Kami memilih untuk tidak melakukannya,” Kata Cook.

Selain itu Cook juga ditanya terkait apa yang akan dilakukannya jika seandainya ia berada di posisi Mark seperti sekarang ini. Dengan tegasnya Cook mengatakan bahwa ia tidak akan jatuh dalam kasus semacam ini. “Saya tidak akan jatuh ke situasi tersebut (kebocoran data),” jawab Cook.

Memang sudah lama, Cook menyuarakan perlindungan data. Bahkan sebelumnya ia pernah mengkritik sejumlah layanan gratis yang ternyata malah mengirimkan historis pencarian dan data lainnya agar dijual dengan tujuan iklan. Selain Facebook, Cook sempat menyindir Google Photos yang tidak memiliki kebijakan spesifik perihal privasi pengguna.

Seperti yang diketahui, Mark memuat permintaan maaf sebanyak satu halaman penuh di beberapa surat kabar papan atas di Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada hari Minggu 25 Maret 2018 lalu. Kemudian surat ditutup dengan ucapan terimakasih kepada pengguna atas kepercayaanya selama menggunakan Facebook.

BACA JUGA: Aplikasi Pengganti Facebook yang Patut Dijadikan Pilihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here