Meski Sama-sama Dibekali Al, Tapi Oppo F7 Lebih Pintar Dari Oppo F5!

0
520
Oppo F7
Copyright ©Techinfo

Oppo F7 Lebih Pintar Dari Oppo F5, Meski Sama-sama Dibekali Al!

Oketekno.comOppo F7 hadir sebagai ponsel penerus teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intellegince/Al) untuk memberikan hasil foto terbaik seperti yang sudah diterapkan pada seri pendahulunya yakni F5.

Meski sama-sama mengandalkan Al, namun F7 diklaim lebih cerdas dari F5.  Bukan tanpa alasan, sebab kecerdasan buatan yang ada di F7 merupakan pengembangan dari teknologi serupa di produk yang sebelumnya.

Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia mengatakan bahwa kemampuan yang ada di ponsel barunya ini mampu mengenali objek foto melalui bidikan kamera belakang. Pengenalan obyek yang disebut sebagai AI Scene Recognition ini kemudian digunakan untuk mengoptimalkan hasil jepretan melalui penyesuaian setting kamera, dengan 16 preset di memori.

BACA JUGA: Mengulik Kecerdasan Buatan (Al) di Oppo F7!

“Pada Oppo F5 dulu, AI hanya bekerja di kamera depan, tidak ada di kamera belakang. Oppo F7 mampu menerapkan AI di kedua kamera,” Jelas Aryo.

Copyright ©GSMArena

Selain itu, teknologi Al Beauty untuk memberikan efek cantik hasil jepretan di F7 juga makin dipercanggih, kini dibekali dengan berbagai fitur ekstra, seperti high-dynamic range (HDR), super vivid mode, dan depth effect yang mampu memberikan efek bokeh secara maksimal. Rupanya semua efek ini dapat diaktifkan secara bersamaan.

BACA JUGA: Oppo F7 Dipastikan Bakal Melenggang di Indonesia, Kalau Oppo F7 128?

Sebenarnya ini bukan hal yang mengejutkan jika ponsel F7 jauh lebih pintar ketimbang F5. Dalam hal ini Aryo mengatakan, bahwa ponsel pendahulunya ditanamkan chip MediaTek Helio P23 yang tidak memiliki unit pengolah AI, alias APU (AI Processing Unit).

“Engineer kami mengakalinya dengan memakai sebagian sumber daya pengolah grafis (GPU) dan CPU untuk mengolah kecerdasan buatan,” Papar Aryo.

Sementara di F7 ini chip-nya sudah memiliki APU dedicated, tapi sayangnya Aryo enggan mengungkapkan apa persisnya merek dan tipe system-on-chip yang tertanam di Smartphone tersebut. Namun jika melihat dari spesifikasinya, disebutkan bahwa F7 punya empat CPU Cortex-A73 dan empat CPU Cortex-A53, dengan GPU Mali-G72 MP3.

Dari banyaknya komponen itulah, besar kemungkinan SoC milik perangkat itu adalah MediaTek Helio P60, yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu, dan memang dibekali dengan APU. Kemudian untuk menunjang aktivitas perangkat, ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.400 mAh. Sistem operasinya menggunakan Android Oreo, RAM 4 GB/ 6 GB, sotrage 64 GB/128 GB, serta kamera depan 25 megapiksel  dan kamera belakang 16 megapiksel. Untuk varian 4 GB/64 GB dibanderol Rp 4,6 jutaan, dan untuk Oppo F7 yang varian 6GB/128 GB dibanderol sekitar Rp 5,7 jutaan.

BACA JUGA: Dikenalkan di India, Berapa Harga Oppo F7 di Indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here