Cara Cek Panggilan Telepon dan SMS yang Direkam Oleh Facebook

0
1701
Facebook -
Copyright ©techadvisor

Begini Cara Cek Panggilan Telepon dan SMS yang Direkam Oleh Facebook

OKETEKNO.comFacebook memang tidak hanya merekam email dan nomor ponsel dari penggunya saja di database mereka, bahkan beberapa pengguna melaporkan jika FB juga turut merekam riwayat panggilan telepon dan SMS dari Ponsel Android.

Dengan langkah yang lumayan berani, Pihak Facebook pun bisa malacak komunikasi pengguna, dengan siapa saja berhubungan. Hal ini sebenarnya sudah bukan hal baru lantaran Facebook pada awalnya sudah meminta izin akses langsung ke perangkat pengguna ketika memasang aplikasi atau messenger untuk pertama kali di ponsel android.

Baca Juga: Begini Sikap Tim Cook Seandainya Jadi Bos Facebook!

File tersebut nantinya diakses sekali dan disimpan dalam cache dan tidak akan diperbaharui saat permintaan izin kedua dan seterusnya. Lantas, bagaimanakah cara untuk cek Panggilan telepon dan SMS yang direkam oleh Facebook?

Cara Cek Panggilan Telepon dan SMS yang direkam Oleh Facebook

Facebook menyimpan semua aktifitas penggunanya sejak pertama kali log in atau masuk dalam aplikasi. Semua rekam jejaknya akan terpatri dalam database yang bisa diunduh melalui laman Setting, jadi caranya masuk ke Facebook, Masuk ke Pengaturan/Setting

Cek Panggilan Telepon dan SMS
Cek Panggilan Telepon dan SMS Copyright ©Kompas

Kemudian pilih tautan “Download a Copy of Your Facebook data” atau dalam Bahasa indonesianya yakni “Unduh Salinan” yang berada di bawah kotak General Account Setting (Pengaturan Umum akun).

Setelah klik link tersebut, tekan tombil hijau Start My Archive atau pilihan “Mulai Arsip saya”. Maka anda nantinya kan dimintai kata sandi facebook. Kemudian butuh beberapa menit bagi FB untuk mengirimkan Salinan riwayat aktivitas facebook anda.

Cek Panggilan Telepon dan SMS -
Cek Panggilan Telepon dan SMS – Copyright ©Kompas

Pastikan email yang digunakan aktif sehingga bisa langsung membuka file atau mengunduhnya di inbox email. Setelah diunduh, ekstrak dulu lalu buka folder “HTML” disana nantinya akan terpampang semua informasi aktivitas Facebook pengguna, mulai dari profil, info kontak, linimasa, foto, video, teman, pesan, colekan, acara, keamanan, iklan sampai aplikasi yang terkoneksi dengan Facebook.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Cambridge Analytica Manfaatkan Data Pengguna Facebook Untuk Menangkan Trump!

Untuk melihat apakah panggilan telepon dan SMS terekam Facebook atau tidak, buka file HTML bernama Contact_info. Anda bisa membuka dengan notepad (klik kanan>Open with>notepad) atau double klik file HTML tersebut untuk membukanya di browser.

Gulirkan ke bawah, untuk melihat untuk Cek Panggilan Telepon dan SMS anda juga dikumpulkan oleh Facebook selama ini. jika tidak ada, artinya data panggilan telepon dan SMS anda tidak terekam oleh Facebook. Hal ini bisajadi karena kontak ponsel anda tidak tersinkron dengan Facebook Mobile di Android.

Nah, begitulah tadi cara cek panggilan telepon dan SMS yang direkam oleh Facebook, kemungkinan nanti akan disambung dengan bagaimana cara menonaktifkan sinkronisasi dan menghapus kontak, tunggu postingan selanjutnya ya.

Baca Juga: Penasaran dengan Facebook Puberty Chalengge? Begini Cara Mainnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here