Cara Menghemat Baterei yang Malah Bikin Android Boros

0
2544
Cara Menghemat Baterei yang Malah Bikin Android Boros
Cara Menghemat Baterei yang Malah Bikin Android Boros Copyright ©TechnoId

Cara Menghemat Baterei yang Bikin Android Boros

OKETEKNO.com – Banyak pengguna android yang menganggap bahwa membersihkan aplikasi yang baru dibuka atau Recent App atau aktif di background bisa membantu menghemat baterei ponsel. Apakah hal ini benar dan efektif sebagai salah satu cara menghemmat baterei?

Recents Apps merupakan daftar panjang aplikasi yang bisa diakses dengan tombol menu di ponsel android. Aplikasi yang masuk dalam daftar ini sering kali dianggap masih bekerja.

Baca Juga: Cara Hack Wifi Disekitar Untuk Internetan Gratis

Padahal sebenarnya tidak demikian, Aplikasi di Recent apps ini berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam meori (cache) ponsel. Tujuannya yakni aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya itu bisa dimuat lebih cepat saat dibuka kembali.

Cara Menghemat Baterei yang Malah Bikin Android Boros-
Cara Menghemat Baterei yang Malah Bikin Android Boros- Copyright ©GadgetGan

Oleh karena hal tersebut, menghapus recent apps di ponsel android justru akan membuat baterei ponsel bekerja lebih keras dan pastinya akan cepat habis lho.

Baterei pastinya akan bekerja lebih keras dan cepat habis apalagi jika aplikasi tersebut tergolong cukup berat. Hal ini dikarenakan sistem akan membuka aplikasi dari nol dan membutuhkan lebih banyak daya ketimbang menyalakan ulang atau mengakses memori tersimpan.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Smartphone Ketika Liburan

Ada du acara yang bisa dilakukan oleh oemilik android, yaitu mengurangi notifikasi dan membatasi pemakaian data. Dua cara tersebut cenderung lebih efektif mengurangi konsumsi daya baterei.

Untuk mengurangi notifikasi dan non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang mengirimakan notifikasi. Aplikasi tertentu seperti media sosial, biasanya akan memberikan pilihan agar mengatur notifikasi dikirimkan dalam interval waktu lebih lama.

Cara ini diklaim bisa menghemat daya beteri karena mengurangi aktivitas sinkronisasi di latar belakang sistem. Sementara itu untuk membatasi pemakaian data, bisa dilakukan di panel setting dan lihat aplikasi yang paling banyak memakan data.

Pilih aplikasi tersebut kemudian batasi atau hapus izin pemakaian data di background. Cara demikian akan melarang aplikasi memakai konskei internet secara otomatis baterei pun bisa menjadi lebih hemat.

Dari dua Cara menghemat Baterei diatas akan sangat efektif lagi yakni dengan membawa power bank, maka ponsel anda bisa digunakan dalam waktu cukup lama dan tetap memiliki cdangan daya sebelum benar-benar habis.

Baca Juga: Mau Jago Matematika? Ini Nih 5 Aplikasi Keren Bikin Kamu Pintar Matematika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here