Bahaya Angkat Telepon Dari Nomor Tak Dikenal

0
340
Telepon Dari Nomor Tak Dikenal
Bahaya Telepon Dari Nomor Tak Dikenal Copyright ©JalanTikus

Hati Hati dengan Telepon Dari Nomor Tak Dikenal

OKETEKNO.com – Meski sampai detik ini sudah banyak aplikasi online sosial media yang menawarkan fasilitas telepon suara bahkan sampai dengan video call, tak lantas membuat layanan telepon langsung menggunakan nomor telepon tetap digemari oleh pengguna.

Hal ini bisa terjadi lantaran layanan panggilan biasa memang dikenal lebih stabil dan tidak akan terganggu oleh koneksi yang mungkin kadang lemot dan lebih bisa diandalkan di berbagai tempat terpencil.

Baca Juga: Dapat Missed Called Dari Luar Negeri, Begini Himbauan Kemkominfo!

Namun sayang sekali, sampai saat ini masih banyak yang menyalahgunakan fungsi telepon ini tidak sebagaimana mestinya. Hal ini baru-baru saja terjadi di Indonesia yakni Missed Call dari nomor-nomor asing, misalnya saja Kongo atau Kenya.

Seberapa bahayakah Telepon dari Nomor Tak dikenal?

  • Penipuan Melalui Telepon

Bukan hanya melalui pesan singkat, Telepon dari Nomor tak dikenal memicu tindak penipuan dengan percakapan yang professional, misalnya menyamar menjadi operator yang menawarkan iming-iming hadiah berupa uang tunai atau mobil.

Ujungnya nanti bisa jadi korban akan mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu. Oleh karenanya hati-hati dengan telepon dari nomor tak dikenal.

  • Mencuri Informasi

Bahaya Angkat telepon dari nomor tak dikenal selanjutnya adalah rawaanya pencurian informasi yang akan dialami oleh korban. Misalnya saja mengau sebagai pihak partner untuk meminta nomor kartu kredit juga angka CVC milik korban. Padahal angka CVC merupakan angka rahasia yang bisa digunakan untuk transaksi.

Baca Juga: Keren, Intel Core i9 Sulap Laptop Bisa Sekuat PC Dekstop!

  • Sekali diangkat, Nomor akan Disimpan

Banyak sekali penjahat yang melakukan aksi ini dan mencari target korban, sekali mengangkat panggiilan nomor tidak dikenal, nomor kamu akan disimpan, dan siap siap saja dengan modus baru yang akan dilancarkan

  • Missed Called Luar Negeri Sedot Pulsa

Hal yang terjadi belakangan ini adalah dimana banyak nomor luar negeri masuk ke panggilan Indonesia. Trik penipuan ini disebut Wangiri dan sudah terjadi sejak awal 2000 an lalu. Triknya dengan melakukan pangglan secara acak dan langsung menutup panggilan. Korban tanpa sadar akan menelpon bailk, saat itulah tagihan telepon korban akan membengkak.

Itulah tadi hal Bahaya angkat telepon dari nomor tak dikenal, semoga tetap berhati-hati ya.

Baca Juga: Jelang Peluncuran, Teaser OnePlus 6 Bikin Penasaran!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here