Antara Shopee dan Tokopedia, Siapakah yang Paling Populer?

0
1141
Antara Shopee dan Tokopedia, Siapakah yang Paling Populer
Antara Shopee dan Tokopedia, Siapakah yang Paling Populer Copyright ©Shopee

Shopee dan Tokopedia, Mana yang Lebih Populer?

OKETEKNO.com – Baru-baru ini, aplikasi daring riset pasar Snapcart mengeluarkan statement dan mengukur mengenai prilaku belanja e-commerce di Indonesia. Dari survey tersebut, ada 3 e-commerce yang paling mudah diingat dan dimanfaatkan pengguna, yakni Shopee, Tokopedia dan Lazada.

Dari riset yang dilakukan dengan metode survey daring melalui aplikasi pada Januari 2018 tersebut setidaknya melibatkan 6.123 responden.

Sebagai Business Development Director Snapcart Asia Pasifik, Felix Sugianti mengatakan bahwa berdasarkan temuan riset Snamcart tersebut 37 persen response menjawab paling menggunakan Shopee untuk belanja online di Indonesia.

Baca Juga: Pekan Ini Kominfo Bakal Panggil Lazada Terkait Masalah Infinix Zero 5 “Made in China”!

Peringkat berikutnya disusul dengan Tokopedia yang memperoleh responden sebanyak 25 persen kemudian disusul Lazada dengan 20 persen. Felix juga menuturkan bahwa ketiganya merupakan 3 besar penyedia layanan belanja online di Indonesia.

Antara Shopee dan Tokopedia, Siapakah yang Paling Populer-
Antara Shopee dan Tokopedia, Siapakah yang Paling Populer- Copyright ©Tokopedia

Dia menjelaskan juga Shopee, Lazada dan Tokopedia merupakan brand paling diingat oleh responden. Riset snapcart ini juga mengungkapkan, pembelanjaan rutin e-commerce didominasi oleh perempuan dengan menunjukkan angka sebanyak 65 persen dan sisanya 35 persen pembelanja laki-laki.

Dari sisi frekuensi belanja, Shopee menjadi e-commerce dengan frekuensi belanja tertinggi dibandingkan e-commerce lainnya. Sedangan 29 responden rutin setidaknya setiap satu kali satu pecan berbelanja di shopee.

Sedangkan Tokopedia berada di peringkat dua dengan perolehan sebesar 22 persen dan disusul Lazada dengan nilai sebesar 10 persen.

Baca Juga: Gegara Tak Baca Deskripsi, Lagi-lagi Pembeli Mengeluhkan Barang di Lazada?

Sementara jika didasarkan pada usia, 50 persen pembelanja merupakan generasi milenial yang berusia antara 25-34 tahun, selanjutnya disusul generasi Z antara 15-24 tahun sebanyak 31 persen kemudian generasi X yakni usia 35-44 tahun, dan 2 persen sisanya merupakan generasi baby Boomers yakni usia 45 tahun ke atas.

Hasil sukses yang diraih oleh Shopee ini tak pernaj lepas dari peran promosi yang sangat gila dan menyeluruh. Salah satunya yakni hadirnya di iklan TV yang menarik cukup membuat Shopee dilirik oleh sebagian besar pembeli.

Hasil ini senada dengan riset yang dilakukan Snapcart dimana responden menerma sumber informasi tentang e-commerce dai iklan Televisi sebesar 24,5 persen. Kemudian 24.3 persen mendapatkan informasi dari perbincangan keluarga, kerabat dan teman. Sedangkan untuk iklan sosial media menyumbang sebanyak 21 persen, sedangkan 15.1 persen sisanya mendapatkan informasi dari informasi iklan di situs online.

Baca Juga: Weeww.. Lazada Gelar Diskon Khusus Smartphone, Jangan Sampai Kehabisan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here