Wow! Ternyata Sony Xperia Miliki Dukungan Layar Berkualitas Tinggi dan Tersembunyi Ini

0
1563
Sony Xperia Layar tinggi
Copyright ©IT Home

Sony Xperia Dukung Layar 120Hz, Namun Tidak Bisa Diaktifkan dengan Cara Biasa

Oketekno.com – Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada bulan November 2017 silam, perusahaan gaming paling populer bernama Razer secara resmi telah meluncurkan perangkat Smartphone pertamanya ke hadapan publik. Perangkat gaming pertamanya ini diberikan nama Razer Phone.

Dikarenakan memang tercipta khusus untuk kebutuhan gaming, Smartphone ini telah mengusung layar dengan kemampuan frame rate tinggi yaitu mencapai 120Hz. Disisi lain, ternyata tanpa kita sadari selama ini bahwa berbagai perangkat Smartphone terbaru Sony Xperia ini telah hadir denagan fitur stand-out nyata dalam bentuk layar 4K, HDR-enabled dan juga memiliki mode frame rate mencapai 120Hz.

Simak Nih: Smartphone Ini Diklaim Miliki Tampilan Lebih Keren Dibanding Vivo Apex, Seperti Apa Ya?

Meski semua fitur tersebut sudah tersedia di perangkat Smartphone Sony versi terbaru, sayangnya pihak perusahaan yang bermarkas pusat di Jepang ini sampai sekarang masih menyembunyikan fitur tersebut atau mungkin tidak mengaktifkannya.

Sony Xperia 120Hz
Copyright ©wccftech

Belum lama ini beberapa anggota yang tergabung dalam forum XDA dan juga Reddit telah mencoba untuk mencoba mode tersembunyi dan dikunci oleh Sony itu, ternyata mereka berhasil mengaksesnya dengan melalui modifikasi kernel. Dengan begini perangkat Smartphone Sony Xperia XZ Premium memang benar memiliki 3 mode tampilan yang terdiri dari 1080p @ 60fps, 2160 @ 60fps, dan yang tersembunyi ini berkualitas 1080p @ 120fps.

Ketahui Yuk: Segera Meluncur, Wujud Asli LG G7 ThinQ Beredar Luas di Internet

Tidak semua anggota yang tergabung dalam kedua forum ini berhasil, sebagian besar kalangan telah menganggap kalau itu hanya plasebo. Meski begitu, ada sebuah daftar yang telah diunggah oleh salah seorang yang tergabung dalam forum para pengembang ini. Ia menyatakan kalau mode layar 120Hz memang tersematkan pada perangkat Smartphone Sony terbaru, namun dinonaktifkan dan disembunyikan secara default.

Beberapa model lain yang sebenarnya mendukung refresh rate yang tinggi selain Xperia XZ Premium diantaranya yakni Sony Xperia X, Xperia X Performance, Xperia XZ, Xperia XZ1, Xperia XZ1 Compact, Xperia XA2, dan Xperia XA2 Ultra. Meskipun termasuk keluaran terbaru, Xperia X Compact tidak mendukung panel layar tersebut.

Akan tetapi sayangnya ROM AOSP yang telah dikompilasi untuk perangkat Sony Xperia tidak bisa menggunakan mode 120Hz, hal ini dikarenakan toogle yang biasanya digunakan untuk mengaktifkan mode 1080p @ 120 fps tidak aktif. Namun hal itu berbeda dengan pernyataan dari pihak pengembang Myself5 yang mana telah menemukan kalau sebenarnya setting kernel ke mode 120Hz secara default ini memang bisa bekerja, hanya mungkin sebagian besar penggunanya tidak mengetahui hal tersebut.

baca juga: Samsung Galaxy J7 Duo Akan Usung Fitur Kamera Galaxy S9 Plus, Seperti Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here