Google Rombak Gmail dan Hadirkan Fitur Baru Layaknya Pesan di “Mission Impossible”

0
653
Gmail New Features
Copyright ©Tech - ThaiVIsa

Gmail Bakal Bisa Hapus Pesan Sendiri Setelah Jangka Waktu Tertentu

Oketekno.com – Setelah sekian lama beroperasi dan tidak mendapatkan perombakan yang cukup berpengaruh, akhirnya Gmail di tahun ini mendapatkan perhatian khusus dari perusahaan Google. Setelah kemarin layanan Search Engine yang dirombak, kali ini layanan pesan tersebut diklaim akan memiliki desain dan fitur baru.

Salah satu fitur terbaru yang menarik dari pembaruan Gmail ini yaitu pesan nantiny adapat terhapus dengan sendirinya. Banyak kalangan yang menyatakan kalau fitur terbaru dari Gmail ini telah terinspirasi dari film Mission Impossible. Pada movie tersebut, berbagai pesan yang dikirimkan kepada agen rahasia berupa tape audio akan terbakar dengan sendirinya beberapa saat setelah selesai diputar.

Simak Nih: Google Rilis Wallpaper Ini Untuk Bocorkan Nama Android P?

Dari hasil screenshot yang telah tersebar luas, fitur ini nantinya akan muncul dalam bentuk icon gembok kecil yang bisa dinamakan “Confidential Mode” atau biasa dikenal sebagai “Surat Rahasia” pada tab penulisan e-mail alias compose.

Confidential Mode
Copyright ©TechCrunch

Dengan begini ketika sang pengirim mengaktifkan fitur tersebut, si penerima nantinya tidak bisa meneruskan, copy, print ataupun download file. Terlebih lagi pesan tersebut juga akan terhapus dengan sendirinya setelah melewati jangka waktu tertentu setelah pengiriman.

Untuk masa berlakunya ini para pengguna bisa mengaturnya sendiri sesuai dengan keinginan, apakah mau dihapus ketika sudah melewati batas 1 hari, satu minggu, sebulan, atau mungkin lainnya. Selain itu, guna memastikan si penerima sudah cocok dan tepat atau belum ini sistem akan melakukan konfirmasi terhadap si penerima melalui kode pesan yang dikirimkan melalui SMS.

Ketahui Yuk: 3 Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di Android

Perlu Anda ketahui juga bahwa fitur terbaru yang dihadirkan oleh Google ini penerapannya berbeda jika dibandingkan dengan ProtonMail yang mana juga mampu menghapus pesan sendiri.

Contoh Penerimaan Pesan
Copyright ©TechCrunch

Kalau untuk layanan ProtonMail akan menghapus e-mail rahasia yang dikirimkan dari inbox si penerima atau outbox pengirim setelah beberapa waktu kemudian. Sedangkan untuk layanan Gmail ini nantinya hanya berupa link dan akan terhapus dalam beberapa waktu kemudian, namun untuk e-mail perantara yang berupa tautan tersebut masih tetap ada.

Saat ini fitur Confidential Mode untuk Gmail ini masih bersifat uji coba sehingga belum benar-benar diterapkan di layanan Mail hasil redesain versi final yang akan digulirkan di waktu mendatang. Selain itu masih belum begitu jelas juga bagaimana penerapannya terhadap para pengguna selain Gmail.

baca juga: WhatsApp Hadirkan Fitur Baru yang Bisa Download Ulang File Terhapus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here