Macam-macam GPU Beserta Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

1
46248
Macam-Macam GPU

Yuk, Mengenal GPU serta Fungsinya

OKETEKNO.COM – Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan pada sobat semua tentang Graphic Perfomance Unit dan fungsinya tersebut. Apakah GPU itu? pastinya anda sudah sering mendengar nama GPU pada sebuah smartphone, namun sudahkah anda paham tentang komponen tersebut?? GPU atau singkatan dari graphic processing unit yang merupakan sebuah CPU (Central Processing Unit) tambahan atau yang lebih sering disebut dengan co-processor, yang memiliki tugas untuk melakukan suatu pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, dan salah satu pekerjaan tersebut adalah pengolahan grafis.

Yuk, Mengenal GPU serta Fungsinya

Graphic Perfomance Unit ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan CPU. Namun yang membedakan dari keduanya adalah bahwa CPU hanya memiliki beberapa core saja, sedangkan untuk GPU memiliki beberapa ribu core. Dan disinilah yang membedakan tugas serta fungsi antara kedua komponen tersebut. GPU lebih tepat untuk pengolah grafis atau gambar, sedangkan CPU sebagai pengolah data, dan untuk GPU ini sendiri biasanya didukung oleh adanya panel yang berfungsi sebagai antarmuka antara user dengan perangkat tersebut, untuk itu simak juga tingkatan panel terbaik berikut ini.

Untuk melakukan pengolahan gambar atau grafis, GPU akan melakukan penelitian terlebih dahulu untuk setiap pixel yang muncul di layar, yang jumlahnya bisa mencapai berjuta-juta, contohnya saja seperti yang diterapkan pada Samsung Galaxy S8+. Namun bisa dibilang GPU memiliki kemampuan hitung yang lebih rendah jika dibanding dengan CPU, namun GPU lebih unggul dalam bidang jumlah. Sedangkan, dalam dunia grafis jumlah adalah point yang paling penting, oleh sebab itu GPU yang lebih tepat sebagai pengolah gambar atau grafis.

Ketahui Juga : Penyebab dan Cara atasi Smartphone Nge-lag

Macam-Macam GPU

Mali

Mali adalah salah satu produk Graphic Perfomance Unit yang dilahirkan dari perusahaan ARM. Mungkin anda masih sedikt asing dengan nama Mali, karena memang sudah jarang perangkat smartphone yang menggunakan GPU Mali tersebut. Saat ini versi GPU Mali yang tercepat adalah Mali T-720, namun hingga saat ini masih sedikit perangkat yang berjalan dengan menggunakan GPU tersebut. Tingkatan produk Mali dari terendah hingga tercepat Mali 400MP, Mali 450MP, Mali T628MP6 dan Mali T760, salah satu produk dari samsung yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Samsung Galaxy S6.

ARM Mali Gpu
Copyright ©eTeknix

PowerVR

PowerVR adalah jenis GPU yang paling banyak kita jumpai di perangkat Apple seperti iPod dan iPhone. Salah satu produk terbaru dari PowerVR adalah G6430, yang saat ini telah terpasang di iPhone 5S. Tingkatan produk PowerVR dari terendah hingga tercepat PowerVR SGX535 (iPhone 3GS), PowerVR SGX543MP2 (iPhone 4S), PowerVR SGX543MP3 (iPhone 5/5C), PowerVR G6430 (iPhone 5S), akan tetapi untuk produk iPhone yang terbaru sudah tidak dibekali dengan teknologi ini, contohnya saja seperti iPhone 6iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus.

Simak Nih : Dafar Game Gratis Terbaik dan Populer di Play Store

powervr
Copyright ©Trustedreview

Tegra

Tegra pertama kali dikenalkan pada tahun 2008 yang dibekalkan pada media player Zune HD, sayangnya Zune HD tidak memiliki App Store sendiri sehingga tidak begitu besar dampaknya di pasaran, akan tetapi dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 2010 teknologi ini diumumkan dan dipasarkan diberbagai vendor terkenal seperti Samsung, Acer dan lainnya, hal ini dibuktikan dengan hadirnya Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200 yang menerapkan teknologi Tegra 2 ini dalam urusan tampilannya, menurut survey Tegra ini sendiri juga merupakan salah satu dari beberapa SoC terkenal dan tercepat di seluruh penjuru dunia Loh.

Tegra K1
Copyright ©Nvidia

Untuk urutan dari Tegra mulai dari yang terendah sampai yang paling kencang yakni : Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4i, dan Tegra K1(Soc tercepat di Dunia). Untuk Tegra K1 memang di desain memecahkan rekor dunia, akan tetapi sampai saat ini belum diketahui keberadaan Smartphone yang menggunakan Tegra K1 ini, kebanyakan vendor terkenal yakni Samsung, iPhone, Asus, dan yang lainnya masih belum berani untuk menggunakan teknologi tersebut karena terlalu kencang.

Ketahui Juga : Game Genre Racing yang Paling Populer

Adreno

Adreno adalah Graphic Perfomance Unit yang dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI). Produk Adreno dari terendah hingga tercepat Adreno 200, Adreno 203, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330, Adreno 420, untuk sementara ini yang kami ketahui yang sudah dibekali dengan teknologi tersebut adalah Xiaomi Mi Note Pro dan HTC One M9 Prime.

Adreno
Copyright ©Extremetech

Itulah sedikit ulasan tentang pemahaman dari GPU beserta fungsi yang dimilikinya. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat buat anda. Jika pun ada yang kurang jelas, silahkan anda tanyakan pada box komentar dibawah ini. Terima Kasih

 Baca juga : Cara Mainkan game pc di Android dengan mudah

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here