Varian Nokia Android yang Siap dinikmati Konsumen

0
6182
Varian Nokia Android yang Siap dinikmati Konsumen

OKETEKNO.COM – Seperti yang kita tahu nokia merupakan salah satu top branded ponsel di dunia bahkan di Indonesia. Dengan semakin gencarnya produk smartphone yang masuk ke pasar global, yaitu android dan Blakberry tidak membikin Nokia gentar. Dengan banyaknya ponsel android yang di banderol murah oleh pabrikannya, nokia pun meluncurkan ponsel murahnya seri Asha untuk  bersaing dengan banyaknya ponsel android murah yang beredar.

Sementara ponsel android yang berkelas tinggi nokia tak mau kalah. Perangkat telepon genggam dari negara Finlandia ini pun mengeluarkan smartphone windows seri Lumia untuk bersaing dengan smartphone kelas atas.  Berkat kerjasamanya dengan microsoft corp nokia pun mampu menciptakan perangkat seluler berbasis windows phone dan menjadi salah satu produsen gadget yang memiliki sistem operasi sendiri. Namun pada tanggal 24 Pebruari 2014 Nokia mengumumkan bahwa  mereka  juga memiliki ponsel yang menggunakan sistem operasi Android.

Varian Nokia Android yang Siap dinikmati Konsumen

Apa kiranya yang membuat nokia menggunakan sistem operasi android ? apakah pertimbangan ponsel android kini bisa digunakan untuk BBM seperti halnya smartphone Blackberry yang banyak digandrungi oleh banyak orang dari yang muda sampai dewasa ? atau nokia memiliki alasan lain di balik penggunaan OS Android pada produk terbarunya ? entahlah, apapun alasannya yang pasti akan semakin banyak pilihan merek dan model ponsel yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, keinginan dan kemampuan kita.

Yang menjadi ponsel Android OS generasi pertama dari Nokia adalah Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL. Spesifikasi untuk nokia X dan Nokia X+ adalah untuk segmen pasar kelas menengah kebawah. Sedangkan untuk spesifikasi Nokia XL sendiri adalah untuk segmen pasar kelas menengah. Mari kita kupas satu persatu sesifikasi dari ketiga ponsel Nokia android.

1.    Nokia XVarian Nokia Android yang Siap dinikmati Konsumen

Nokia X  hadir dengan layar 4 inchi WVGA (800 x 400 ) dan dengan layar sentuh IPS LCD yang bisa menghasilkan kerapatan hingga layar 233ppi. Nokia X memiliki memory RAM sebesar 512 MB dan memori internal  4GB. Selain itu memori eksternal dari slot microSD bisa mencapai 32 GB. Kamera depan ponsel ini dibenamkan sensor 3 MP namun sayangnya tidak terdapat kamera depan atau second camera. Dengan bobot 128,7 gram ponsel ini juga didukung konektivitas bluetooth 3.0, wifi 802.11 b/g/n, micro-USB dan dual SIM.

Jaringan yang tersedia yaitu WCDMA: 900 MHz, 2100 MHz; GSM: 850 MHz, 900 MHz, 1900 MHz dengn dimensi fisiknya 115,5 x 63 x 10,4 mm. Baterai 1500 mAh an bisa dilepas. Tak ada yang spesial dalam ponsel ini mengingat tidak tersedianya kamera depan, namun ponsel ini sudah menggunakan CPU dual core dengan kecepetan 1GHz. Tersedia varian warna yang menarik yaitu meliputi : hitam, biru, hijau, merah, putih, dan kuning. Untuk harga dari ponsel ini dibanderol 89 euro atau sekitar Rp. 1,5 juta. Ponsel ini sudah masuk pasar Indonesia. Jadi bagi pembaca yang menginginkan ponsel bisa langsung untuk memburunya.

2.    Nokia X+

Seperti halnya Nokia X, Nokia X+ ini menggunakan OS Android dengan layar 4.0 inchi 480 x 800 pixels, (~233 ppi pixel density). Jenis layar ini juga IPS LCD capasitive touchscreen dengan 16 juta warna. Memori internal ponsel ini 4 GB dengan slot microSD mencapai 32 GB serta memory RAM 7668 MB. Kamera utama ponsel ini memiliki sensor 3.15 MP, 2048 x 1536 pixels, 1/5 inch sensor size, panorama dan video 480 [email protected] Sama halnya dengan Nokia X, kamera epan pada perangkat ini juga tidak tersedia.

Varian Nokia Android yang Siap dinikmati Konsumen

Jaringan yang tersedia adalah WCDMA dan GSM dengan konektivitas HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps serta didukung dengan CPU Qualcomm snapdragon S4, dual core 1GHz. Baterai Li-Ion 1500 mAh. Ponsel ini dibanderol dengan harga 1.5 juta rupiah

3.    Nokia XL

Dan untuk ponsel android keluaran nokia yang ketiga adalah nokia XL. Dibanding kedua ponsel diatas,  ponsel ini memiliki spesifikasi yang lebih. Layar pada ponsel ini berukuran 5.0 inchi  (~187 ppi pixel density)dengan resolusi 480 x 800 pixels. Jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna. CPU Dual Core 1 GHz dengan chipset Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play dan GPU Adreno 203.  Ponsel ini memiliki memori internal 4Gb dengan slot microSD mencapai 32 GB. Memori RAM 768 MB. Konektivitas didukung HSDPA, 7,2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps.

Varian Nokia Android yang Siap dinikmati Konsumen
Perbedaan ponsel ini dengan kedua ponsel diatas adalah sudah tersedianya kamera depan. Dengan kamera utama 5 MP , 2592х1944 pixels, dengan autofocus, dan lebih unggul dengan adanya LED flash, 1/4inc sensor size, panorama, serta video [email protected] Kamera depan sudah dibekali dengan sensor 1.3 MP sehingga mendukung anda pecinta foto selfie. Ponsel ini menggunakan batterai Li-Ion 2000 mAh Battery (BN-02). Untuk harga yang dibanderol pada ponsel ini diperkirakan sebesar 1.7 juta rupiah. Namun ponsel ini belum masuk pasar Indonesia. Jadi untuk teman-teman yang menginginkan ponsel ini harus bersabar menunggu sampai rilis di Indonesia.

Demikian sekilas review tentang 3 ponsel Nokia Android teranyar . Semoga bermanfaat bagi kita semua. Monggo kritik dan sarannya dari teman-teman semua …!!

Baca juga 5 Keunggulan Advan Vandroid S5J

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here