Awas! Casing Xiaomi dan iPhone Memiliki Kandungan Racun Pemicu Kanker

0
5080
Casing Xiaomi Beracun
Copyright ©tokopedia

Penilitian Dilakukan Terhadap 30 Perangkat dari 28 Vendor Berbeda

Oketekno.com – Untuk membangun sebuah perangkat Smartphone tentunya dibutuhkan berbagai komponen penyusun yang beragam pula. Kemarin lalu, Dewan Konsumen Shenzhen, China telah melakukan penelitian terhadap berbagai bahan casing Smartphone yang mana telah terindikasi kuat mengandung unsur berbahaya dan bahkan ada juga yang melebihi batas kandungan zat kimia yang aman bagi tubuh.

Dari 30 casing yang telah diteliti ini telah melibatkan 28 brand ponsel ternama seperti Samsung, Xiaomi, Huawei, Oppo, sampai ke produk Apple juga. Dan setelah diteliti hasilnya cukup mengejutkan, pasalnya 7 diantaranya telah menggunakan bahan kimia yang berupa plasticiser dan polycyclic aromatic hydrocarbon.

Simak Nih: LG V40 Disiapkan dengan Mengusung Kode Nama ‘Storm’!

Kandungan bahan tersebut yang terdapat pada perangkat Smartphone ini telah melebihi jumlah batas normal sehingga kesehatan sang pengguna bisa terganggu. Dari hasil ini telah menunjukkan kalau Smartphone Xiaomi sangat jauh melebih batas aman.

Copyright ©Kompas

Plasticiser yang terdapat pada perangkat Xiaomi diketahui sebesar 17 persen, hal ini tentu puluhan kali lipat lebih besar dari batas standar yang hanya diperbolehkan sebesar 0.1 persen. Selain Smartphone Xiaomi yang kena, rupanya Apple juga melebihi batas standar.

Casing dari Smartphone Apple telah ditemukan bahan berbahaya 50 persen berada diatas ambang batas aman yang telah ditetapkan. Dari keterangan Dewan Konsumen Shenzhen, bahan yang melebihi ambang batas ini nantinya dapat memicu kanker penggunanya.

Ketahui Yuk: Jadwal Peluncuran Xiaomi Mi 7 Ditunda, Kenapa?

“Meski kami telah menerapkan standar Internasional yang sangat ketat, ada 23 dari 30 yang tidak terindikasi menggunakan bahan berbahaya” seperti itulah yang diungkap oleh Dewan Konsumen Shenzhen.

Meski begitu, perusahaan Xiaomi telah menolak pernyataan tersebut karena pihaknya mengaku kalau sebelum sampai ke tangan konsumen, perangkat Smartphone besutannya itu telah melewati 15 tes yang sangat ketat sehingga para pengguna akan tetap aman menggunakan Ponsel Xiaomi.

Di sisi lain, perusahaan Apple sampai saat ini masih belum mengeluarkan pernyataan apapun mengenai hal tersebut. Sedangkan untuk perangkat yang telah menjalankan serangkaian uji tes kandungan bahan berbahaya ini juga tidak disebutkan secara mendetail nama perangkatnya.

baca juga: Tombol Recent Apps Pada Android P Menghilang, Diganti Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here