Ini Cara Kerja iOS 11.4 Apple yang Keamanannya Lebih Sulit untuk Dijebol!

0
808
iOS 11.4 Apple
Copyright ©9to5Mac

Update iOS 11.4 Dapat Mencegah Transfer Data setelah 7 Hari Terkunci!

OKETEKNO.COM – Baru-baru ini para pecinta gadget dihebohkan dengan terungkapnya perangkat GrayKey yang dimanfaatkan untuk membuka kunci iPhone dimana juga dapat meloncati enkripsi. Dengan didukung dua kabel Lightning, perangkat tersebut bahkan dapat menjebol smartphone iPhone dalam kurun waktu tiga jam hingga tiga hari tergantung dengan kerumitan kode sandi yang digunakan oleh pemiliknya. Namun belum lama ini Apple telah merilis sistem operasi terbaru iOS 11.4 yang diklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Perangkat GraKey yang digunakan untuk menjebol kunci iPhone ini sendiri bisa jadi merupakan perangkat yang dimiliki oleh para penegah hukum. Pasalnya banderolan harga alat tersebut sangat mahal bahkan mencapai 15.000-30.000 dollar AS. Namun ternyata Apple memiliki strategi lain untuk meningkatkan keamanan perangkat besutannya dengan merilis iOS 11.4 beta terbaru. Hal itu diupayakan agar perangkat Apple tidak dapat dijebol oleh mesin ataupun alat yang dibuat perusahaan seperti GrayShift dan Cellebrite.

Baca Juga Apple Bakal Lakukan Perombakan Nama Untuk “iPhone”?

Untuk sistem operasi iOS 11.4 beta terbaru ini sendiri memiliki cara kinerja yang berbeda. Jika iPhone pengguna belum dibuka kuncinya hingga lebih dari satu minggu menggunakan kode sandi maka port Lightning akan mendukung pengisian ponsel saja. Tidak akan ada data yang dapat ditransfer dengan port tersebut.

graykey box untuk jebol kunci iPone
graykey box Copyright ©Phonearena

Perlu diketahui fitur tersebut bernama USB Restricted Mode dimana awal mulanya terlihat ada dalam sistem operasi iOS 11.3 beta. Namun pada versi final iOS 11.3 fitur tersebut justru malah dihapus. Dan sekarang pada pembaruan iOS 11.4 sendiri, fitur ini dikembalikan. Dan kemungkinan besar fitur tersebut akan membuatnya menjadi versi akhir dari build OS anyar ini.

Sementara itu cara kerja USB Restricted Mode dalam update iOS 11.4 terbaru ini yakni koneksi data USB melalui port Lightning dinonaktifkan selama satu minggu setelah perangkat terakhir dibuka kuncinya. Jadi kedua kabel dari Lightning yang keluar dari perangkat GrayKey sendiri tidak akan dapat berguna pada iPhone dalam USB Restricted Mode.

Baca Juga Apple Berikan Kejelasan Terkait Kombinasi MacOS dan iOS

Namun para penegak hulum sendiri juga memiliki cara untuk mengatasi fitur terbaru pada iOS 11.4 yang sistem keamanannya sulit dijebol.  Jika dengan menggunakan alat GrayKey untuk membuka kunci iPhone dalam waktu tujuh haru semenjak pembukaan kode sandi ponsel terakhir kalinya maka hal itu akan membuat USB Restricted Mode nonaktif. Namun hal itu masih belum dapat untuk membuka kunci perangkat iPhone.

Sementara itu sejauh ini Apple sendiri telah melakukan langkah tepat dengan menghadirkan USB Restricted Mode pada pembaruan iOS 11.4 terbaru. Keamanan perangkat iOS tentunya memang harus terus ditingkatkan namun para pengguna perangkat Apple sendiri juga harus lebih peduli dalam menjaga privasi mereka serta mencatat kode keamanan passcode lock dengan baik.

Baca Juga Apple Siap Ikuti Huawei, Hadirkan iPhone dengan Triple Kamera Depan Belakang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here