Google Wajibkan Produsen Smartphone Lakukan Hal Ini Untuk Lebih Puaskan Konsumen

0
1304
Google office with Android
Copyright ©Softpedia News

Patch Keamanan Menjadi Prioritas Utama Perkembangan Android

Oketekno.com – Sepertinya memang di tahun 2018 ini perusahaan Google akan melakukan update besar-besaran terhadap seluruh layanan miliknya. Melalui event penting Google I/O 2018, raksasa mesin pencari ini telah memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai segala rencana update untuk sebagian besar layanan yang telah dikembangkannya.

Tidak tanggung-tanggung, di hari pertamanya acara di gelar Google juga sudah mengulas banyak mengenai sistem operasi terbaru Android P yang rencananya akan hadir versi stable ROM tahun ini. Nah, mengenai sistem operasi Android terbaru tersebut, David Kleidermacher selaku menjabat sebagai Head of Android Security telah mengungkap banyak mengenai OS tersebut, khususnya dalam sektor keamanan yang selama ini diklaim rentan terhadap virus.

Simak Nih: Polling Instagram Kini Makin Seru dengan Fitur Emoji

Selain itu, Kleidermacher juga telah membahas mengenai berbagai macam cara yang dapat memudahkan pihak Google untuk melakukan pembaruan pada sistem operasi Android, contohnya saja seperti diadakannya Project Treble.

David
Copyright ©YouTube

Terkait keamanan tersebut, pihak Google juga sudah mengambil beberapa langkah lebih lanjut dengan cara merevisi setiap perjanjian yang telah dilakukannya dengan setiap Vendor Smartphone dengan platform Android. Sebagaimana yang telah dirangkum dalam XDA-Developers, dalam revisinya kali ini perusahaan asal Amerika Serikat tersebut lebih fokus terhadap Patch keamanan reguler yang menjadi bagian dari perjanjian tersebut.

Ketahui Yuk: Microsoft Luncurkan Fitur Canggih “Your Phone” Untuk Windows 10, Fungsinya?

Akan tetapi sayangnya untuk seberapa sering patch keamanan ini diperlukan? Kapan vendor harus mematuhi pembaruan rutin tersebut? Dan bagaimana google akan melakukan revisi kalau vendor Smartphone telah menyediakan pembaruan rutin tersebut? Masih belum terungkap lebih lanjut.

Sebagai pengguna Android tentu kita juga merasakan seperti apa hasilnya dari usaha kerja keras pengembang Android ini dalam penyelesaian masalah yang dihadapi dan membuat sistem operasi tersebut berkembang lebih pesat, modern dan mampu menandingi iOS. Jika memang Project Treble dan pengguliran patch keamanan secara rutin oleh produsen ini berhasil dilakukan dengan lancar, maka OS Android tidak selemah seperti versi sebelumnya.

Jika memang rencana Google ini telah berjalan dengan lancar dan berlangsung rutin serta para vendor juga mampu kerjasama dengan baik, maka para konsumen akan merasa diuntungkan sekali, khususnya dalam hal keamanan.

baca juga: Fitur Baru yang Segera Hadir Untuk Google Assistant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here