5 Tips Kenali Baterai Akan Rusak Hingga Meledak

0
1194
Tips Kenali Baterai Akan Rusak Hingga Meledak B
Copyright ©Ahliponsel

Tips Mengetahui Baterai Akan Rusak Hingga Meledak

Oketekno.com – Baterai memang menjadi salah satu komponen terpenting dalam perangkat elektronik, entah itu Smartphone, Tablet, Laptop, Smart Watch, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, kasus permasalahan baterai seperti ini sering kali kita temukan pada perangkat Smartphone, sebagai contoh kasus besar yang terjadi adalah Samsung Galaxy Note 7 dan iPhone 6 yang meledak hingga melukai beberapa orang disekitar.

Ya walaupun saat ini kejadian tersebut sudah jarang sekali terjadi, akan tetapi kita juga harus waspada supaya kesehatan baterai bisa lebih terjaga. Oleh karena itulah, kalian harus kenali Tips Kenali Baterai Akan Rusak Hingga Meledak berikut ini.

Simak Nih: Cara Supaya Baterai DualShock PS4 Awet dan Tidak Cepat Habis!

5 Tips Kenali Baterai Akan Rusak Hingga Meledak

  1. Suhu Smartphone Terlalu Panas

Copyright ©Jalantikus

Nah, bagi kalian yang suka game, streaming dan beraktifitas di bawah terik matahari dengan Smartphone dalam jangka waktu yang sangat lama, harus berhati-hati nih mulai dari sekarang. Hal itu dikarenakan Smartphone akan mengalami suhu melampaui batas normal sehingga akan menjadi pemicu baterai meledak.

Perlu diketahui bahwa komponen baterai ini menjadi penyebab utama panasnya Smartphone, baru kemudian panel layarnya. Berbagai permasalahan thermal runaways telah membuat panas baterai mengalir ke body Smartphone dengan cepat. Sebenarnya ini ditujukan sebagai tanda bahwa Smartphone harus berhenti di operasikan terlebih dahulu hingga suhu normal kembali, namun sebagian orang malah tidak menghiraukannya.

Baca Yuk: 5 Cara Hemat Baterai iPhone Paling Mudah!

  1. Baterai Membesar

Copyright ©reapir center

Ya, jika kejadiannya sudah seperti ini beragam kejadian buruk bakal terjadi pada baterai Anda dan salah satunya yakni bisa memicu meledaknya Smartphone. Kebanyakan, masalah ini disebabkan oleh melakukan pengisian daya dalam keadaan Overheated atau terlalu berlebihan charge/Overcharged.

Memang sih jika baterai membesar masih dapat digunakan, namun alangkah baiknya segera melakukan penggantian baterai supaya bermacam masalah dapat di cegah.

Ketahui Juga: Cara Kalibrasi Baterai Smartphone

  1. Performa Menurun

Copyright ©Servify Guide

Tips Kenali Baterai Akan Rusak Hingga Meledak berikutnya yakni analisa performa. Kalau kita tidak download game maupun aplikasi berat dan banyak file di dalamnya, namun Smartphone serasa lambat banget, kita harus waspada.

Bisa jadi itu adalah langkah awal rusaknya baterai yang bisa menyebabkan meledaknya baterai juga. Jika kalian menemukan permasalahan seperti ini, sebaiknya restart terlebih dahulu, kalau memang masih lemot coba kosongkan memori, jika memang masih lemot juga langsung bawa ke service untuk mendapatkan penanganan secara hardware.

Simak Nih: Cara Ngecas Baterai Smartphone!

  1. Aplikasi Stop Working

Copyright ©Jalantikus

Kalau memang kejadiannya seperti ini, sebaiknya kita segera membawanya ke service saja karena permasalahan tersebut kebanyakan disebabkan oleh rusaknya RAM, Processor, dan termasuk baterai juga. Kalau masalah ini terus dibiarkan terjadi, kerusakan akan semakin parah dan bahkan bisa menyebabkan baterai meledak.

Coba Nih: Cara Merawat Baterai Smartphone Non-Removable Agar Awet dan Tahan Lama!

  1. Berasap

Copyright ©Jalantikus

Nah, tanda terakhir yang mudah dikenali dan kemungkinan terjadi peledakan juga tinggi. Kalau perangkat kalian terlalu panas, maka liquid atau bahan pendingin cairan yang ada pada baterai akan berubah menjadi gas akan keluar berbentuk asap dari dalam Smartphone. Untuk itu, waspada selalu dengan Smartphone kalian terutama pada saat charge, jangan diletakkan di tempat yang sulit menyerap panas, seperti kasur dan semacamnya.

Itulah 5 Tips Kenali Baterai Akan Rusak Hingga Meledak yang harus kalian waspadai sejak sekarang supaya bisa melakukan penanganan sejak dini sehingga permasalahan serius dapat di atasi.

baca juga: 11 Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Agar Lebih Awet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here