Cara Mengecek Kondisi Hardisk dengan Mudah dan Cepat

0
779
Cara Mengecek Kondisi Hardisk B
Copyright ©Make Tech Easier

Trik Memeriksa Kondisi Kesehatan Hardisk dengan Cepat

Oketekno.com – Hardisk merupakan salah satu komponen paling penting yang harus dimiliki oleh setiap perangkat elektronik yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan file. Akan tetapi untuk Hardisk ini lebih lekat pada perangkat Laptop atau Komputer karena memang sudah umum digunakan dan tersebar luas di masyarakat.

Perannya sebagai piranti penyimpanan berbagai file menjadikan Hardisk harus benar-benar diperhatikan kesehatannya. Hal itu dikarenakan ketika rusak, maka bisa jadi seluruh data yang tersimpan di dalamnya hilang seketika.

Oleh karena itulah guys kita harus rutin melakukan pantauan terhadap kondisi kesehatan hardisk supaya bisa melakukan antisipasi ketika mau terjadi kerusakan supaya data file yang ada di dalamnya tidak hilang karena sudah tercopy semuanya. Masih belum tau caranya? Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengecek kondisi Hardisk berikut ini.

Simak Nih: Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Cara Mengecek Kondisi Hardisk dengan Cepat

Pertama, kita download dan install terlebih dahulu software yang bernama Acronis Drive Monitor melalui link terpercaya ya guys, jangan asal download karena virus tersebar dimana-mana.

Acronis Drive Monitor
Copyright ©Oketekno

Kalau sudah terpasang, cara mengecek kondisi Hardisk berikutnya yakni kita bisa langsung buka aplikasinya dan klik menu Disks.

Ketahui Juga: 5 Tips Kenali Baterai Akan Rusak Hingga Meledak

Cara Mengecek Kondisi Hardisk 2
Copyright ©Oketekno

Dengan begitu kondisi hardisk kalian sudah bisa diketahui. Nah, kalau masih hijau dengan presentase kesehatan berkisar 90 hingga 100%, kalian masih bisa tetap tenang dengan kondisinya, akan tetapi kalau sudah kuning atau merah dengan presentase 70% kebawah, maka segera lakukan back up untuk mengantisipasi ketika perangkat tersebut rusak sewaktu-waktu.

Baca Yuk: Cara Menambah RAM Smartphone dengan Greenify

Cara Mengecek Kondisi Hardisk 3
Copyright ©Oketekno

Tidak hanya bisa digunakan untuk memeriksa kesehatan hardisk saja, akan tetapi berapa lama hardisk terpakai juga bisa dimunculkan oleh software ini. Dengan begini kalian bisa tau apakah hdd yang habis kita beli benar-benar baru atau bekas karena masa pemakaiannya kita bisa mengetahuinya.

Coba Nih: 5 Cara Mengatasi Touchscreen Error dan Mencet Sendiri Paling Ampuh

Cara Mengecek Kondisi Hardisk 4
Copyright ©Oketekno

Keunggulannya yakni ketika komponen hardisk mau mengalami kerusakan, maka akan muncul notifikasi pada taskbar. Dengan begitu kalian bisa tau secara real-time bagaimana kondisi kesehatan hardisk kalian yang sebenarnya.

Cara Mengecek Kondisi Hardisk 5
Copyright ©Oketekno

Seperti itulah guys cara mengecek kondisi Hardisk yang bisa kalian terapkan pada setiap perangkat laptop maupun komputer kalian untuk terus memantau kondisi kesehatan hardisk. Selamat mencoba.

baca juga: Daftar Harga Hardisk Laptop Murah Terbaru Mei 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here