Qualcomm Gandeng Perusahaan Teknologi Untuk Kembangkan Jaringan

0
622
Qualcomm Nasdaq
Copyright ©Mobile Europe

Kerjasama dengan Facebook Untuk Proyek Terragraph

Oketekno.com – Meskipun sudah menjadi raksasa Sosial Media, rupanya hal itu masih belum membuat perusahaan Facebook merasa puas untuk membuat Dunia teknologi lebih jauh berkembang. Belum lama ini perusahaan asal Amerika Serikat itu telah bekerjasama dengan Qualcomm untuk proyek Wi-Fi.

Tujuan dari kerjasama ini yaitu menciptakan pengiriman data melalui komponen Router lebih efisien dengan kecepatan akses internet yang lebih cepat juga. Untuk proyek ini telah dinamai dengan Terragraph Project. Untuk proyek ini sebenarnya sudah dimulai oleh Facebook sejak pertama kali diperkenalkan pada ajang konferensi pengembang tahunan 2 tahun silam.

Simak Nih: Share Post Facebook Bisa Langsung ke WhatsApp?

Perkembangan proyek ini sendiri nantinya berupa sistem wireless multi-node yang mana bertujuan untuk menghadirkan kecepatan internet lebih tinggi terhadap daerah perkotaan dengan jumlah populasi penduduk yang padat.

Terragraph
Copyright ©Medium

Sebagai penyokong, Chip keluaran terbaru dari Qualcomm akan di kombinasikan dengan teknologi Terragraph ini sehingga nantinya sang produsen mampu meningkatkan router yang memungkinkan untuk trasfer data pada frekuensi 600GHz dengan peningkatan kecepatan jaringan broadband lebih tinggi.

Seperti yang telah dilansir dari laman The Verge, seorang Juru bicara dari Qualcomm telah memberikan gambaran kalau proyek ini merupakan solusi tepat untuk wilayah pedesaan atau perkotaan yang hanya memiliki akses WiFi terbatas.

Ketahui Yuk: Pekan ini, Facebook Stories Akan Berisi Iklan

Rencananya Facebook akan memulai uji coba proyeknya bersama dengan Qualcomm ini pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Akan tetapi untuk informasi mengenai kehadirannya sendiri juga masih belum terungkap secara jelas.

Disisi lain, saat ini perusahaan Qualcomm juga sudah meluncurkan komponen chip berteknologi 5G untuk ditanamkan pada berbagai perangkat Smartphone dari berbagai vendor dan para operator seluler untuk melakukan penyesuaian. Untuk melakukan uji coba, Qualcomm juga sudah menjalin kerjasama dengan mitra akses awal.

Namun sayang tidak terungkap lebih jelas siapa yang diajak kerjasama itu, akan tetapi banyak yang menduga kalau Nokia dan Samsung yang akan mencoba chip tersebut pada awal tahun depan. Dengan begini adopsi chip 5G ini secara global juga akan tertunda lagi.

baca juga: desak fcc, apple sudah mulai garap smartphone 5g?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here