Cara Mendeteksi Aplikasi yang Boros Baterai Tanpa Aplikasi Tambahan

0
707
Cara Mendeteksi Aplikasi yang Boros Baterai B
Copyright ©GadgetnGears

Trik Memantau Kondisi dan Performa Baterai

Oketekno.com – Smartphone memang memiliki fungsi yang serba guna, bahkan sebagian besar kalangan saat ini telah bergantung para perangkat komunikasi canggih satu ini. Meski begitu, masih banyak kalangan yang merasa kurang puas dengan apa yang telah dilakukan oleh perangkat Smartphone miliknya itu.

Sebagian besar kalangan telah mengeluh karena Smartphone miliknya cepat panas dan kapasitas baterai juga cepat terkuras ketika digunakan. Banyak yang mengatakan kalau itu selalu dikarenakan perangkatnya yang sudah usang, tapi itu adalah pernyataan yang salah guys. Pasalnya ketika banyak aplikasi yang terinstall dan berjalan latar belakang, maka kinerja Smartphone akan berat sehingga bisa membuat kinerjanya lebih lemot, mudah panas dan boros baterai.

Simak Nih: Cara Setting Google Play Service Android Untuk Hemat Baterai

Dari sekian banyak Aplikasi yang terpasang pada perangkat Smartphone, tidak semua konsumsi baterainya sama. Oleh karena itu, kalian bisa mengetahuinya dengan mengikuti cara mendeteksi aplikasi yang boros baterai berikut ini.

Cara Mendeteksi Aplikasi yang Boros Baterai

Sebenarnya akan lebih mudah dan mungkin sedikit akurat jika kita menggunakan aplikasi Wakelock Detector, akan tetapi ini akan menambah beban memori internal dan untuk mengaksesnya juga harus di rooting terlebih dahulu. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita tidak akan menggunakan aplikasi apapun karena rata-rata Smartphone sudah memilikinya.

Pertama, kita menuju ke aplikasi Settings dan klik menu Battery atau Baterai & Perfomance.

Cara Mendeteksi Aplikasi yang Boros Baterai 1
Copyright ©Jalantikus

Setelah itu kalian akan langsung menuju ke laman Battery, disini kalian nanti akan melihat grafik penggunaan baterai selama dinayalakan. Silahkan tap menu paling atas, dengan begitu kalian akan mendapatkan statistik mengenai presentase penggunaan dan pengisian daya lengkap beserta sistem mana saja yang telah konsumsi daya baterai lebih besar.

Ketahui Juga: Cara Periksa Kesehatan Baterai iPhone dengan Mudah!

Cara Mendeteksi Aplikasi yang Boros Baterai 2
Copyright ©Jalantikus

Cara mendeteksi aplikasi yang boros baterai secara detail kalian bisa kembali ke menu awal baterai dan tap icon titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Kemudian klik Show Full device Usage.

Coba Yuk: Cara Kalibrasi Baterai Smartphone Dengan Mudah!

Setelah itu gulir kebawah hingga mendapatkan informasi tentang konsumsi baterai selama Smartphone di nyalakan. Mulai dari sistem hingga komponen hardware. Jika menemukan aplikasi yang tidak begitu berguna namun konsumsi daya lumayan besar, langsung hapus saja.

Cara Mendeteksi Aplikasi yang Boros Baterai 3
Copyright ©Jalantikus

Seperti itulah guys cara mendeteksi aplikasi yang boros baterai yang bisa kalian coba terapkan sendiri pada perangkat Smartphone kalian. Ingat! Setiap jenis Smartphone berbeda, tapi caranya tidak terlalu jauh berbeda dibanding di atas.

baca juga: Cara Mengetahui Kondisi Baterai Android dengan Kode Rahasia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here