Apple Dikabarkan tengah Menguji Macbook dengan Prosesor Berbasis ARM ?

0
3113

OKETEKNO.COM – Pada saat ini macbook Apple dipasarkan dengan memakai procesor berbasis intel, namun  santer mendengar kabar bahwa perusahaan asal amerika serikat ini  akan menggunakan processor berbasis ARM pada macbook terbarunya nanti.  Dilansir dari Ubergizmo, apabila kabar ini benar adanya maka anda akan mendapati atau akan melihat  Mabook terbaru dan pertama kali yang menggunakan processor berbasis ARM di tahun depan.

mac628734@

Sebenarnya rumor  tersebut sudah muncul sejak awal tahun 2011 kemarin, dan semakin menguat ditahun 2012, yang menyebutkan Apple akan berpindah processor dari Intel ke ARM. Namun proyek ini membutuhkan waktu yang lama, selain itu pihak Apple masih ingin menjaga routMap dengan pihak Intel agar tidak ada perselisihan nantinya. Baiklah mengenal lebih dekat tentang ARM,pasti banyak orang yang bertanya-tanya, apa sih ARM itu ? dan Apa kelebihannya daripada processor sebelumnya ?

Arm

Sejarah dari Advanced RISC Machines atau biasa disebut dengan ARM berdiri pada tahun 1990, ini adalah sebuah perusahaan yang dibangun atas kerja sama antara Acorn Computers, Apple Inc, dan VLSI Technology . ARM merupakan arsitektur processor  32-bit RISC, ketika namanya mencuat di bidang saham akhirnya pada tahun 1998 mengganti nama menjadi ARM Holdings. Kantor pusat ARM yang berada di Cambridge, Inggris ini,tidak sama dengan perusahaan lain yang memproduksi prosesor, tapi ARM memang hanya berfokus pada penelitan serta pengembangan desain arsitektur prosesor saja.Jadi pihak ARM itu hanya menjual lisensi atau hak paten desain prosesor ke perusahaan” lain, semisal Samsung,Apple, Qualcomm,Nvidia, dan masih banyak lagi , bahkan Intel dan AMD pun membeli lisensi juga dari ARM.

Karakteristik dari teknologi ARM sendiri adalah konsumsi daya nya yang rendah, sehingga sangat cocok digunakan di perangkat portabel layaknya Mac. Namun ARM juga memiliki kelemahan yaitu Software yang digunakan untuk server harus diporting ke ARM terlebih dahulu,  karena ARM dan x86 menggunakan set intruksi yang berbeda dengan perusahaan lain.

Apabila kerjasama Apple dan Intel sudah berakhir, maka pihak Apple bisa leluasa untuk membuat produk komputer Mac berbasiskan chipset ARM. Berbeda prosesor, Dengan layar 13 inch dan memiliki keyboard yang dilengkapi Magic Trackpad berukuran luas,maka kompabilitas dan kualitas dari Komputer tersebut akan berbeda jauh.

Namun apabila Macbook benar akan menggunakan ARM, maka sebagai pelengkap para developer harus menyediakan Software yang kompatibel dengan chipset yang berbasis ARM tersebut.

Yah kita tunggu saja bagaimana perkembangan terbaru dari produk tersebut.

Baca juga LG G Flex 2 dan LG VU 4 akan Rilis Pertengahan 2014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here