Sistem Operasi Tizen, Kelebihan dan Kekurangan

1
226789

OKETEKNO.COM – Apabila kita membicarakan Sistem Operasi pada ponsel, maka yang terlintas dalam fikiran kita adalah Android, iOS, WindowsPhone dan Blackberry OS. Namun dalam waktu dekat akan ada sistem operasi terbaru yang ikut meramaikan sistem operasi ponsel pintar yang diusung oleh vendor asal Korea Selatan, Samsung yakni OS Tizen.

Linux Foundation Tizen project

Tizen sebelumnya adalah sistem operasi dengan nama Meego yang merupakan gabungan dari Intel Mobilin dan Nokia Maemo. Namun karena Nokia memutuskan untuk lebih fokus ke sistem operasi WindowsPhonenya maka Meego pun ditinggalkan dan kini diganti dengan nama Tizen yang kini tengah diusung alah satu vendor ponsel terbesar yakni Samsung. Diyakini sistem operasi ini akan memiliki potensi yang besar dalam mengusung sistem operasi dari smartphone.

OS Tizen merupakan sistem operasi yang diusung oleh Samsung bekerjasama dengan Linux Foundatiion. berakar dari sistem operasi komputer Linux yang bersifat open source, dimana penggunanya dapat mengotak-atik sistem nya sesuai dengan kebutuhan ponsel itu sendiri. Sifat OS Tizen ini sama dengan OS Android dari Google. Namun sistem operasi ini diprediksi akan menyaingi Android danĀ  iOS

tizen-

Samsung kini mulai mengaplikasikan OS Tizen ini pada perngkat buatannya. Pada 3 Juni 2014, Samsung telah resmi mengenalkan smartphone pertamanya bertajuk Samsung Z dengan OS Tizen pada ajang Tizen Developer Conference di San Francisco, Amerika Serikat. Berita ini tentunya menjadi topik baru dalam sistem operasi ponsel. Namun sistem operasi Tizen ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ulasannya.

Kelebihan Sistem Operasi Tizen

  • Hadir dengan dukungan browser HTML5 terbaik
  • Mampu menjalankan semua aplikasi yang sudah ada pada sistem operasi Android
  • Dapat dikembangkan pada perangkat lainnya, seperti Smart TV, Smart camera, dan notebook
  • Mendukung aplikasi pihak ketiga yang berbasis WEB (HTML5, CSS, JavaScript), Native (C/C++) dan Hybrid (Web & Native)
  • Didukung vendor ponsel raksasa Samsung yang berpeluang untuk berkembang pesat

Kekurangan Sistem Operasi Tizen

  • Untuk saat ini masih menjadi prioritas kedua dari Samsung, sebab Samsung masih memprioritaskan Android pada produknya
  • Masih membutuhkan pengenalan kepada publik untuk mendapatkan respon positif
  • Masih membutuhkan sosialisasi dan diferensiasi fungsi serta produk untuk membedakan dengan kompetitor yang sudah ada sebelumnya.

 

Bagaimana ? anda tertarik untuk mencoba Sistem Operasi Tizen ini ? kita nantikan saja perkembangan perangkat Samsung dengan OS Tizen ini hadir di Indonesia,

 

Baca juga BBM Hampiri Pengguna Windows Phone pada Juni 2014

1 COMMENT

  1. saran utk samsung, kedepannya lebih baik fokus dgn OS Tizen dgn membuat varian produk low s/d high. krn bila OS Tizen bs menjalankan aplikasi Android dgn baik, maka utk pengguna yg beralih jg tdk mengalami kesulitan yg berarti. tugas akhir pihak dev mengoptimalkan OS nya lg. atau jadikan OS Tizen khusus utk produk” flagship samsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here