Tips Membeli Hp Android Yang Baik

0
16521
smartphone

OKETEKNO.COM – Beberapa waktu belakangan ini dunia sedang diguncang dengan fenomena Smartphone yang mampu merajai segala plosok negeri. Beralihnya ponsel biasa ke ponsel cerdas ini karena memang kebutuhan teknologi serta internet yang semakin berkembang setiap harinya. Hal itu juga yang mendasari para jajaran vendor penghasil perangkat cerdas berupa Smartphone dan Tablet bersaing dengan ketat baik dibidang teknologi serta harga yang akan ditawarkan, perlu anda ketahui juga beberapa Resiko Membeli Smartphone Android Murahan.

smartphone

Tak jarang kita sebagai konsumen mengalami kebingungan atau kegalauan yang hebat apabila ingin membeli atau memilih sebuah Smartphone. Karena hal itu terjadi mengingat banyaknya jenis atau type Smartphone dari berbagai brand yang beredar dipasaran saat ini salah satunya yakni Samsung, apalagi untuk masyarakat awam yang sebelumnya tak pernah mengerti akan point – point spesifikasi yang diberikan oleh sebuah jenis Smartphone.

Lanjut Baca : Daftar Game Gratis Android Terbaik Paling Populer di Google Play Store

Pastikan setiap membeli gadget anda selalu menyesuaikan dengan kebutuhan anda, percuma anda dapat membeli Smartphone dengan teknologi canggih milik sebuah brand kenamaan namun anda hanya mampu mengoperasikannya sekedar untuk SMS atau Telvon saja. Maka dari itu saya menyarankan untuk anda memilih Smartphone yang memang mencakup kebutuhan anda, jika anda ingin membeli tablet juga begitu ada beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum membelinya, untuk selengkapnya bisa anda simak pada link Tips Penting Memilih Tablet Android Murah dan Berkualitas.

Dan, pada kesempatan kali ini saya akan membantu anda menjelaskan tentang apa – apa saja yang harus kita perhatikan jika ingin membeli sebuah perangkat cerdas.

1. CPU ( Central Processing Unit )

Mungkin anda sudah sering mendengar kalimat CPU ini namun belum mengerti betul tentang definisinya. Seperti pada PC ( Komputer ), CPU adalah otak atau bagian yang sangat penting untuk sebuah perangkat. Tanpa CPU, perangkat tersebut tidak mampu mengoperasikan segala aktivitas tasking yang dilakukan perangkat tersebut. Maka dari itu, CPU ini adalah menjadi komponen awal dan sangat penting yang harus anda pikirkan secara matang sebelum memilih Smartphone. CPU minimum sebuah Smartphone yang baik adalah Dual – Core, jika kinerja CPU sudah mencapai batas maka akan terjadi lag bahkan panas yang berlebih, nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mencoba nih cara atasi Smartphone Android yang alami suhu berlebih.

Simak Juga : Macam – Macam Prosesor di Smartphone dan Deskripsinya yang Perlu Diketahui

cpu smartphone

2. RAM ( Random Access Memory )

RAM ini adalah sebuah perangkat dalam Smartphone yang juga memiliki peranan penting yang dapat mengatur keseimbangan segala perangkat jika Smartphone tersebut sedang menjalankan kegiatan multitasking yang dilakukan sang pengguna. RAM yang baik untuk sebuah Smartphone minimalnya adalah 1GB, penting banget RAM untuk para gamers karena jika RAM penuh dan Processor penuh game akan macet atau nge-lag yang membuat pemainnya tidak nyaman, untuk itu simak yuk Cara Mengatasi Ponsel Nge-Lag Saat Main Game HD !.

ram android

3. GPU ( General Processing Unit )

GPU ini adalah sebuah perangkat yang berfungsi mengatur pada sektor grafis sebuah Smartphone. Jadi jika anda mampu memutar video atau game HD, perangkat inilah yang mengatur kualitas daripada game atau video yang anda putar dan mainkan pada gadget tersebut. Semakin tinggi spesifikasi GPU pada Smartphone tersebut maka akan semakin tinggi pula kualitas grafis yang diberikan oleh Smartphone tersebut dan akan merasa nyaman ketika sedang bermain Game Offline Android Terbaru yang Cocok Temani waktu luangmu .

gpu androidSimak Yuk : Tips Mudah Main Game PC di Smartphone Android

4. Baterai

Baterai juga salah satu perangkat penting yang harus diperhatikan sebelum anda memilih Smartphone. Karena Baterai menjadi salah satu nyawa juga pada sebuah Samrtphone, tanpa baterai Smartphone tak bisa apa – apa. Jika anda adalah seorang yang hoby travelling, saya sarankan pilihlah Smartphone yang memiliki daya baterai yang tinggi, apalagi jika Smartphone yang anda miliki memiliki fasilitas Dual-SIM pasti itu akan sangat boros daya sekali. Minimal pilihlah Smartphone yang memiliki daya 2000 mAh, jika anda menginginkan kapasitas baterai yang besar anda bisa mencoba Evercoss Elevate Y2 Power yang memiliki daya baterai begitu besar, untuk mengetahui berapa kapasitas yang dibekalkannya bisa anda lihat selengkapnya pada link Evercoss Elevate Y2 Power berikut.

bateraiKetahui Juga : 11 Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Agar Lebih Awet

5. Layar atau Display

Layar ini akan menjadi perantara antara pengguna dengan Smartphone yang dimiliki, jika anda akan memilih Smartphone pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda, tidak usah terlalu lebar jika nantinya akan membawa kerepotan tersendiri bagi anda apalagi kalo menerima telvon. Namun meski begitu juga jangan yang terlalu kecil karena itu nantinya bisa membuat anda mengalami salah ketik. Pilih yang sedang – sedang saja, pastikan sudah bertype IPS dan memiliki multitouch untuk anda yang suka main game terbaik yang ada di play store.

layar

6. Kamera

Kamera kini menjadi salah satu fitur terpenting dalam sebuah Smartphone karena memang pada belakangan ini masyarakat dunia sedang mengalami demam yang namanya “shelfie” atau foto lalu diupload ke sosial media seperti instagram, facebook, twitter dsb. Kalau saya boleh menyarankan lebih baik anda memilih Smartphone yang memiliki kamera sebesar 5 MP minimal pada kamera belakangnya, akan lebih baik lagi jika memiliki kamera depan.

kamera

Simak Yuk : Aplikasi Edit Foto untuk Android, iOS, Windows Terbaik

7. Jaringan

Tanpa internet Smartphone kamu bisa apa ??. Maka dari itu jaringan sangat penting untuk sebuah smartphone, minimal Smartphone itu harus memiliki jaringan HSDPA atau bahkan LTE, karena jika tidak begitu anda akan susah untuk koneksi serta melakukan update – update pada aplikasi Smartphone anda, untuk smaprthone yang mendukung koneksi 4G LTE dibawah sejutaan ada beberapa yang salah satunya yaitu Evercoss GenproX yang juga sudah menerapkan OS sedikit lebih modern.

jaringan

8. Brand

Saking banyaknya brand pada saat ini, hal itu juga dapat membuat kebingungan tersendiri untuk kita. Pastikan anda memilih Smartphone yang jelas brand nya, kalau bisa anda sudah mengetahui Galery dari brand tersebut agar jika sewaktu – waktu ada yang terjadi pada Smartphone anda, anda langsung bisa membawanya ke Galery tersebut, beberapa brand yang paling populer yakni Samsung, iPhone, Oppo, Asus, Evercoss, Vivo, Lenovo, Xiaomi, dan lainnya.

Demikian Tips dan Trik yang bisa saya berikan mengenai hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Smartphone yang baik. Semoga dapat membantu ya 🙂

Baca juga Tips & Trik Membedakan Smartphone Asli dengan Supercopy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here