Aplikasi Blackberry Messenger Protected Resmi Diluncurkan

1
5316

OKETEKNO.COMBlackberry , produsen smartphone besar asal Kanada ini telah meluncurkan aplikasi khusus untuk pengguna setia perangkat Blackberry yaitu aplikasi Blackberry Messenger Protected (BBM Protected) . Aplikasi ini tidak sama dengan aplikasi bbm yang sudah beredar luas di dunia, bahkan yang digunakan oleh pengguna Android ataupun IOS.

bbm-protected1

Sebuah layanan messaging terbaru dari Blackberry ini sudah resmi dirilis untuk para konsumen setianya, aplikasi Blackberry Messengger Protected ini memang khusus ditujukan untuk para pebisnis ataupun kalangan pemerintah yang tidak ingin percakapannya dapat diketahui orang lain.

Fitur ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi, karena menggunakan sebuah pengamanan enkripsi yang berlapis. BBM Protected ini dilindungi dengan 3 lapis enkripsi, yaitu :

TLS (Trasport Layr Security),

ini merupakan sebuah protokol yang menyediakan keamanan koneksi antara client dan server, yang biasa digunakan pada sebuah koneksi web yang aman. TLS mempunyai kapabilitas untuk melayani servis autentikasi antara client – server dengan cara  memberikan sebuah garansi integritas dan kerahasiaan untuk setiap pengiriman data.

3DES (Triple DES),

ini merupakan sebuah fitur yang mendukung penyandian sebuah arsip yang berupa teks, fitur ini merupakan sebuah solusi yang sangat baik untuk mengatasi masalah keamanan dan kerahasiaan sebuah data .

Pretty Good Privacy (PGP)

menggunakan IDEA dengan kunci 128 bit untuk menyandikan Data, Pada PGP kunci hanya dapat digunakan sekali yang digabungkan dengan pesan yang sudah dienkripsikan dengan kunci publik  si penerima tersebut yang kemudian dikirim bersama-sama.

Demi menjaga keamanan privasi dari konsumennya, pihak Blackberry tidak akan menyimpan ke tiga kode kunci enkripsi tersebut. Tidak itu saja, selain menawarkan keamanan data yang sangat tinggi, layanan Blackberry Messenger Protected ini juga memiliki  tingkat kecepatan akses dan reliability yang lebih baik dari sebelumnya, jadi anda tidak akan merasakan lemot saat menggunakan aplikasi tersebut .

BBMProtected

Aplikasi Blackberry Messenger Protected ini dapat anda gunakan di semua perangkat Blackberry yang menjalankan sebuah sistem operasi Blackberry OS 6.0 ke atas hingga BlackBerry 10. Namun dengan syarat, BBM yang digunakan minimal harus versi 8.5 untuk BlackBerry OS, dan BBM versi 10.3.30 untuk BlackBerry 10.

Apabila ada Perusahaan yang ingin menggunakan aplikasi BBM Protected ini, perusahaan tersebut harus memasang perangkat lunak Blackberry Enterprise Server  v5.0 ke atas untuk yang menggunakan Blackberry  OS, untuk yang menggunakan Blackberry 10  harus memasang perangkat  Blackberry Enterprise Service 10.2.2 ke atas. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk pengguna asli dari perangkat Blackberry saja, namun kedepannya, pihak Blackberry akan menyediakan untuk pengguna lain yang ingin membelinya, semisal platform Android dan IOS.

Demikian yang bisa saya informasikan, semoga bermanfaat.

 

Baca juga Daftar Harga Smartphone Blackberry Terbaru Periode Juni 2014

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here