TIPS dan TRIK Mengatasi Android Lemot

0
8092
tips android lemot

OKETEKNO.COM – Android ? Android kini semakin marak dikalangan anak kecil hingga yang tua, semua pakai Android. Seakan – akan, belakangan ini Android serasa Artis yang fenomenal. Sejak awal kemunculannya, Android mampu mendapat tempat special dihati para pengguna Smartphone. Meski banyak Smartphone dengan OS lain bermunculan, namun tetap dirasa Android lah juaranya. Karena pengoperasiannya yang sederhana mampu memudahkan kegiatan – kegiatan para penggunanya, baik dibidang komunikasi, bisnis, social media dan lain – lain.

tips android lemot

Namun tak sedikit pula pengguna Android yang mengeluhkan karena seringnya terjadi kelemotan pada ponsel android yang mereka punya. Mungkin disamping membludaknya aplikasi yang harus diinstal namun memori yang tersedia sangat minim, ada hal – hal lain yang perlu diperhatikan para pengguna Android agar terhindar dari sesuatu yang disebut “Kelemotan”.

Berikut hal – hal yang perlu diperhatikan pengguna Android

LEMOT

  1. Pastikan anda hanya menginstall aplikasi – aplikasi yang anda butuhkan saja (Hanya anda butuhkan). Terkadang pada Android terdapat aplikasi yang tidak penting namun tiba – tiba terinstall secara otomatis. Hal itu hanya akan memenuhi kapasitas memori anda. Dan itu menjadi salah satu penyebab kelemotan pada Android anda.
  2. Bersihkan Cache secara rutin. Apa itu chache ? cache adalah sisa data dari aplikasi yang telah anda gunakan, mungkin bisa disebut dengan history (apabila pada browser). Jadi itu juga bisa membuat kelemotan untuk Android anda apabila tidak anda bersihkan dan akhirnya menyebabkan penumpukan. Mungkin bisa jadi juga kapasitas memori anda akan termakan karena data – data yang tertinggal sebagai chace tersebut. Anda bisa mendownload aplikasi pembersih cache tersebut pada Play Store di Android anda.
  3. Mungkin anda adalah tipikal orang yang menyukai keindahan atau anda sangat hoby mempercantik sesuatu yang anda miliki termasuk gadget yang anda miliki. Android memang pada dasarnya memiliki sejuta aplikasi atau fitur – fitur keren dan lucu – lucu. Hal itu bisa saja terletak pada interface pada Android, misalnya widget. Hindari penggunaan widget yang berlebihan. Dan juga hindari penggunaan live wallpaper juga, karena kedua hal ini selain dapat menyebabkan keborosan daya baterai anda, hal ini juga dapat menyebabkan kelemotan.
  4. Jangan lupakan untuk update firmware. Apabila perangkat Android anda telah diumumkan untuk mendapatkan update firmware, lebih baik anda segera mengupdatenya, karena mengupdate firmware tersebut juga dapat memberikan peningkatan kinerja bagi Smartphone anda. (Firmware ?? Firmware adalah Sistem Operasi yang bersemayam pada perangkat Android anda, missal : Jelly Bean, Gingerbread dsb).
  5. Dan yang terakhir adalah melakukan Rooting, ini mungkin sedikit merepotkan karena memang penuh dengan resiko apabila proses yang dilakukan mengalami kegagalan. Dengan melakukan rooting, itu adalah salah satu langkah menambah kinerja dari processor Android anda. Sebenarnya hal ini juga tidak wajib dilakukan untuk para pengguna Android, namun apabila anda ingin meningkatkan performa perangkat anda, anda bisa melakukan rooting. Jika anda ragu untuk melakukannya sendiri, anda bisa membawa perangkat anda ke gallery terdekat.

Demikian informasi Tips dan Trik yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, saya harap informasi ini dapat membantu anda jika mengalami kasus kelemotan dengan perangkat Android yang anda miliki. 🙂

Baca juga TIPS dan TRIK Memilih Gadget Android yang Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here