Chipset Gaming Nvidia Tegra K1, Siap Masuk Pasar Smartphone

0
7199

OKETEKNO.COM – Seperti yang kita tahu, Tegra K1 ini merupakan chipset terbaru dari Nvidia yang merupakan generus dari Tegra 4 yang kurang   populer dipasaran. Kemampuan dari Tegra K1 menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan daripada Tegra 4, hal itu terbukti dengan hasil benchmark AnTuTu yang dapat secara mudah mengalahkan pesaing-pesaingnya seperti Qualcomm Snapdragon 805 dan Samsung Exynos 5420.

tegra_k1_versions

Nvidia Tegra K1 ini memiliki 2 varian yaitu Quad-core dan Dual-core Denver 64 bit. Untuk Tegra K1 yang Quad-core mampu membukukan skor 43.861 poin, sedangkan untuk yang dual-core Denver 64 bit mampu membukukan skor 43.617 poin. Kita bandingkan dengan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 805 yang hanya mampu membukukan skor 37.780 poin saja. Dengan perbedaan kecepatan yang sangat jauh seperti itu, bagaimana jadinya kalau chipset tersebut digunakan untuk smartphone ?

Memang sejak saat resmi diumumkan dipasaran global, chipset Nvidia Tegra K1 adalah sebuah komponen hardware gaming yang sangat powerfull untuk sebuah perangkat tablet gaming. Sempat terhembus kabar bahwa Nvidia Tegra K1 ini  akan siap digunakan di Smartphone, namun bukan untuk semua jenis smartphone, hanya beberapa saja, karena kita tahu chipset ini tidak ramah untuk smartphone, karena membutuhkan pengambilan daya battery nya yang besar.

tegra-k1-chipshot

Namun masalah utamanya ternyata bukan dari pengambilan daya battery nya yang besar, akan tetapi terletak pada handset Soc (System on a Chip) yang membutuhkan modem Icera 500 untuk menawarkan konektivitas 3G dan LTE. Tidak itu saja, Nvidia Tegra K1 ini akan membuat harga perangkat yang menggunakannya menjadi lebih mahal dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan chipset Snapdragon.

Jadi kita tunggu saja kabar terbarunya, apakah chipset Nvidia Tegra K1 ini akan jadi masuk kepasar smartphone atau tidak, jika hal tersebut terjadi maka anda akan merasakan sebuah smartphone yang memiliki kemampuan dan gravis game yang sangat baik, namun dengan harga yang lebih mahal pula tentunya.

Demikian yang bisa saya informasikan, semoga bermanfaat .

 

Baca juga Aplikasi – aplikasi Blackberry Mendukung Piala Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here