Nokia X vs Nokia X2 Android, Mana yang Terbaik ?

0
30335
Perbandingan Nokia X dan Nokia X2

OKETEKNO.COM – Nokia beberapa waktu lalu telah mengumumkan generasi penerus dari Nokia X yang bertajuk Nokia X2. Smartphone ini pun membawa spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan pendahulunya. Dengan hadirnya smartphone ini tentunya menambah jumlah smartphone android yang akan dipilih konsumen. Namun tidak sedikit yang binggung tentang perbandingan antara Nokia X dan Nokia X2 yang sama-sama seri X Android Nokia.

Perbandingan Nokia X dan Nokia X2

Bagi anda yang berencana membeli smartphone Android dari Nokia seri X nampaknya harus mempertimbangkan perbandingan antara Nokia X dan Nokia X2 Android ini. Pasalnya kedua seri X dari Nokia ini mengusung spesifikasi yang berbeda satu sama lain. Perbandingan antara Nokia X dan Nokia X2 yang merupakan ‘kakak beradik’ ini, dapat anda simak dibawah ini.

Desain Nokia X vs Nokia X2

Perbedaan yang cukup kentara terlihat dari bodi depan kedua smartphone ini. Nokia X2 memiliki tombol home dengan tombol kembali yang terletak dibawah layar sentuh utamanya. Pengguna akan dengan cepat mengakses fitur utama pada home dengan sekali menekan tombol home saja. Berbeda dengan Nokia X yang hanya terdapat satu tombol kembali saja sehingga pengguna harus menekan tombol beberapa kali jika ingin menuju home.

Perbedaan besar juga terdapat pada dimensi kedua smartphone besutan vendor Finlandia ini. Jika Nokia X memiliki dimensi 115.5 x 63 x 10.4 mm dengan berat 128.7 gram berbeda dengan Nokia X2 yang memiliki dimensi lebih besar dan bobot lebih berat. Dimensi Nokia X2 yakni 121.7 x 68.3 x 11.1 mm dengan bobot lebih gemuk yakni 150 gram. Sedangkan Nokia X dan Nokia X2 sama-sama menggunakan casing berbahan plastik.

Layar Nokia X vs Nokia X2

Layar yang digunakan pada smartphone Nokia X berukuran 4 inchi dengan kerapatan 233 ppi. Sedangkan pada smartphone Nokia X2 terpaut 0.3 inch lebih besar yakni 4.3 inch dengan kerapatan 217 ppi. Keduanya sama-sama menggunakan jenis IPS capacitive touchscreen dengan resolusi 400 x 800 pixels. Keduanya juga telah dibekali Clear Black Display sehingga tampilan layar yang dihadirkan sangat tajam.Namun Nokia X2 lebih unggul karena telah dilengkapi dengan perlindungan layar Scratch resistant glass, sedangkan Nokia X tidak ada.

Performa Nokia X vs Nokia X2

Dari segi performa, Nokia X2 lebih unggul ketimbang sang ‘kakak’ dengan processor Dual-core Cortex A7 berkecepatan 1.2 GHz. Sedangkan Nokia X menjalankan processor Dual core Cortex-A5 dengan laju 1 GHz saja. Di bidang RAM, Nokia X2 juga lebih mumpuni dengan RAM 1 GB, sedangkan Nokia X hanya mengandalkan RAM sebesar 512 MB saja. Hal ini tentunya sudah bisa kita pastikan bahwa kinerja Nokia X2 lebih responsif dalam menjalankan aplikasi berat.

Kamera Nokia X vs Nokia X2

Kamera yang disematkan dari kedua smartphone ini juga memiliki perbedaan besar. Kamera yang diusung oleh Nokia X hanya mengusung kamera utama sebesar 3.15 MP saja tanpa adanya kamera depan yang mengusungnya. Sedangkan untuk Nokia X2 telah mengusung dual kamera dengan kamera belakang 5 MP yang sudah dilengkapi dengan auto focus dan LED flash. Sedangkan kamera kedua berformat VGA yang dapat dimanfaatkan untuk video call.

Baterai Nokia X vs Nokia X2

Baterai yang dibekalkan hanya memiliki sedikit perbedaan kapasitas nya. Kedua smartphone besutan Nokia ini sama-sama menggunakan baterai jenis Li-Ion namun dengan kapasitas yang berbeda. Nokia X memiliki kapasitas baterai 1500 mAh yang dapat stand-by hingga 408 jam. Sedangkan untuk Nokia X2 memiliki kapasitas sedikit lebih besar yakni 1800 mAh yang mampu bertahan hingga 522 jam dalam sekali charge pada smartphone ini.

Harga Nokia X vs Nokia X2

Harga yang dibalut pada kedua smartphone ini hanya berbanding sedikit meskipun Nokia X2 lebih unggul dibandingkan dengan Nokia X. Harga terbaru yang dibanderol pada Nokia X adalah Rp 1.4000.000,-. Sedangkan harga Nokia X2 hanya terpaut dua ratus ribuan saja yakni Rp 1.600.000,- pada perilisan resminya beberapa hari yang lalu.

Perbandingan Nokia X dan Nokia X2

 

Spesifikasi Nokia X Nokia X2
Dimensi 115.5 x 63 x 10.4 mm 121.7 x 68.3 x 11.1 mm
Berat 126.7 g 150 g
Layar 4.0 inches WVGA Clear Black Display (~233 ppi ) 4.3 inches WVGA Clear Black Display (~217 ppi )
Processor Dual-core 1 GHz Cortex-A5 Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7
RAM 512 MB 1 GB
Penyimpanan 4 GB, microSD up to 32 GB 4 GB, microSD up to 32 GB
Kamera 3.15 MP / – 5 MP / VGA
Baterai Li-Ion 1500 mAh Li-Ion 1800 mAh
Sistem Operasi Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean) Android OS, v4.3 (Jelly Bean)
Display protection

Scratch Resistant Glass
Speed HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps

 

Kesimpulan

Yang mana yang terbaik diantara Nokia X dan Nokia X2 ? secara umum yang terbaik adalah Nokia X2 yang telah mengalami peningkatan dari pendahulunya. Namun Nokia X2 hadir dengan bobot yang lebih besar dan berat, sedangkan untuk Nokia X memiliki bobot yang lebih ringan di genggaman tangan anda.

Namun itu semua tentunya merupakan pilihan dari masing-masing pengguna. Apabila bagi anda yang sudah terlanjur memiliki Nokia X tidak ada salahnya untuk berganti ke smartphone terbaru Nokia X2 karena harga yang dibanderol Nokia X2 hanya terpaut sedikit dari Nokia X. Namun apabila anda ingin menghemat budget, menjatuhkan pilihan pada Nokia X pun bukan pilihan yang buruk tentunya.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Tizen dari Samsung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here