Fitur Samsung Galaxy S5 Untuk Mengecek Fungsi Hardware

0
6822
Fitur Samsung Galaxy S5 Untuk Mengecek Fungsi Hardware

OKETEKNO.COMSamsung Galaxy S5, adalah ponsel Android mewah milik produsen Samsung, dengan speifikasi dan fitur yang ditawarkan siapa yang tidak ingin memiliki smartphone yang  berkelas tersebut. Bagi anda yang sudah memiliki ponsel tersebut, saya akan memberikan sebuah tips cara menguji coba hardware pada Samsung Galaxy S5.

Fitur Samsung Galaxy S5 Untuk Mengecek Fungsi Hardware

Tentunya anda tidak ingin terjadi suatu kejadian dead pixel  pada display  Samsung Galaxy S5 anda kan ? berikut akan saya berikan tips nya. Tidak perlu menggunakan suatu alat ukur khusus atau sebuah perangkat tambahan untuk melakukan uji coba hardware. Semua yang anda butuhkan sudah tersedia didalam Samsung Galaxy S5 yang terdapat pada sebuah menu rahasia.

Untuk dapat mengakses menu rahasia tersebut, tidak perlu repot – repot, anda cukup membuka aplikasi Phone pada Samsung Galaxy S5, arahkan pada keypad lalu ketik *#0*# (tidak usah menggunakan spasi). Lalu anda tidak perlu menekan tombol call, karena pada saat anda mengetikkan tanda # pada bagian akhir, menu service mode itu akan otomatis langsung muncul pada layar.

Di dalam menu service mode  anda diberikan beberapa menu yang memiliki kemampuan untuk mengetes berbagai hal yang ada didalam Samsung Galaxy S5 yang anda miliki. Seperti fungsi speaker , kamera, vibrate, dan lain sebagainya. Dibawah ini akan saya jabarkan mengenai fitur dan apa fungsinya yang terdapat dalam menu service mode pada Samsung Galaxy S5.

Fitur Samsung Galaxy S5 Untuk Mengecek Fungsi Hardware

Red, green & Blue
Tombol ini untuk mengkatifkan display dalam bermacam warna sehingga anda bisa mendeteksi dead piksel.

 

Receiver

Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan suara keras via receiver(speaker yang ada dibagian atas display atau yang kita gunakan mendengar pada saat telfon) untuk memastikan bisa berfungsi dengan benar atau tidak.

 

Vibration

Menu ini berfungsi untuk mengetes vibration motor atau biasa disebut dengan fungsi getar pada ponsel.

 

Dimming

Menu ini berfungsi untuk mengetes kemampuan display dalam brigtness terendah. Terdapat 3 warna didalamnya, yakni  red,green dan blue.

 

Mega cam

Untuk mengetes kemampuan kamera utama Samsung Galaxy S5

 

Sensor

Untuk mengetes seluruh sensor yang terdapat pada S5

 

Touch

Opsi ini untuk mengetes displaydigitizer untuk memastikan touch input secara benar

 

TSP Hovering

Dipakai untuk mengecek kemampuan S5 dalam mendeteksi pergerakan ujung jari Anda di atas screen

 

Sleep

Opsi ini bisa anda pakai untuk mengetes kemampuan sleep mode.

 

Speaker

Tes ini mampu memutar sebuah lagu dengan sangat keras untuk memastikan speaker S5 berkerja baik.

 

Sub key

Jika tombol capacitive back dan multitasking di S5 bermasalah, Sub key memungkinkan anda mengetes keduanya untuk menampilkan warna saat anda tap. Jika tombol tidak berfungsi normal maka dipastikan ponsel anda bermasalah pada software.

 

 Front cam

Tombol ini berfungsi untuk mengetes kamera depan.

 

LED

Fitur ini berfungsi untuk  mengaktifkan LED merah, lalu hijau, biru.

 

IR LED

Tombol ini untuk mengetes sensor infrared yang terdapat di bagian tepi atas S5. Namun karena fungsi tersebut merupakan layanan dan bukan sebuah remote app maka anda memerlukan sebuah Samsung TV untuk menggunakannya.

 

 Low frequency

Jika speaker S5 bisa bekerja tetapi suaranya tidak terdengar begitu baik, anda bisa menggunakan opsi ini untuk mengetes kemampuan output beragam frekuensi, termasuk 100Hz, 200Hz dan 300Hz.

 

Barcode Emulator Test

Dengan fitur ini  memungkinkan anda mengetes S5 untuk membaca beragam barcodes.

 

SensorHub Test

Fungsi ini akan menjadikan screen berubah hitam dan akan memberitahukan bahwa handset telah menjalani tes, meski tidak diketahui tes apa yang dimaksud.

Black

Seperti sebelumnya, fungsi ini akan menjadikan screen hitam, bisa jadi untuk mengetes kemampuan mematikan seluruh piksel dan memastikan tidak ada yang rusak.

 

Demikian fitur tersembunyi yang tersedia untuk smartphone Samsung Galaxy S5, selamat mencoba.

 

Baca juga  Tips Menon-Aktifkan Shotrtcut Otomatis Setelah Installasi Aplikasi Baru di Android

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here