OPPO R17 Pro Diproduksi di China, Tapi Kok Lolos TKDN?

0
512
OPPO R17 Pro
Copyright ©India Today

OPPO R17 Dibuat di China 

Oketekno.com – Seluruh Smartphone yang ingin beredar luas di Indonesia secara resmi, mereka harus terdaftar terlebih dahulu dan mendapatkan sertifikat TKDN. Kebanyakan dari para vendor memilih untuk memproduksinya di Indonesia guna memenuhi tingkat kandungan dalam Negeri hingga lebih dari 30 persen.

Salah satunya yakni seperti OPPO dimana vendor asal China ini rata-rata menciptakan Smartphone yang dijual di Indonesia merupakan hasil rakitan dari pabrik miliknya yang ada di Tangerang, sehingga dalam setiap box penjualannya ada tulisan Dibuat di Indonesia. Namun ternyata di tahun ini ada yang berbeda loh, dimana OPPO R17 Pro tersematkan tulisan Dibuat di China.

Simak Nih: Fungsi Canggih Kamera 3D ToF R17 Pro yang Sudah Bisa Dinikmati

Dengan begini menandakan kalau Smartphone cantik terbaru OPPO ini tidak dibuat secara lokal dalam konteks fisik. Lalu, bagaimana perusahaan ini memenuhi sertifikasi TKDN hingga lebih dari 30%? Ya, ternyata OPPO memiliki strategi lain dimana pihaknya memilih untuk menggunakan perangkat lunak lokal.

Box OPPO R17 Pro
Copyright ©DetikINET

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari detikINET dimana media tersebut telah menghubungi langsung PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, dijelaskan kalau ternyata pihaknya ingin lebih cepat untuk menghadirkan Smartphone OPPO R17 Pro ke para konsumennya yang ada di Indonesia. Dengan begitu, membawa langsung produk jadi dari China merupakan salah satu langkah yang tepat.

Meski tidak diproduksi secara lokal, data Kemenperin menunjukkan kalau OPPO R17 Pro telah mendapatkan sertifikasi TKDN dengan perolehan 30.20% sehingga Smartphone tersebut sudah legal dan resmi untuk edar di pasaran. Diketahui, ada 8 aplikasi lokal yang ada pada ponsel ini.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya juga sudah ada yang menerapkan strategi seperti ini, yakni Era Jaya Group untuk menghadirkan berbagai ponsel iPhone secara resmi di Indonesia. Salah satu bukti terbarunya adalah iPhone XR, XS dan XS Max. Sedangkan untuk OPPO R17 Pro ini merupakan ponsel perdana dari OPPO yang menerapkan strategi seperti itu.

baca juga: Oppo Siap Umumkan Teknologi Optical Zoom 10x, Kapan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.