Dianggap Meresahkan, YouTube Larang Konten Jahil dan Tantangan

0
424
YouTube Prank
Copyright ©Tubefilter

YouTube Rilis Kebijakan Baru 

Oketekno.comYouTube memang menyajikan berbagai macam konten yang dibutuhkan oleh para penggunanya. Akan tetapi untuk kebanyakan konten terbaru yang diunggah sekarang ini adalah berupa hiburan dan sekedar kesenangan saja. Beberapa waktu terakhir ini para konten kreator gemar sekali mengunggah video yang seperti itu.

Dua diantara kategori yang begitu digemari adalah Prank dan Challenge. Akan tetapi untuk sekarang ini pihak YouTube telah memberikan batasan terhadap kedua jenis konten tersebut karena dianggap kurang nyaman di beberapa kalangan.

Simak Nih: 3 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka atau Error di HP Android

Untuk batasan yang dimaksudkan disini adalah sebuah Prank atau Challenge yang menimbulkan mara bahaya alias merugikan orang lain maupun dirinya sendri. Salah satu contoh Challenge yang begitu populer kemarin adalah “Bird Box Challenge” yang berasal dari film terbaru Netflix berjudul sama.

Team YouTube
Copyright ©Twitter

Challenge tersebut mengharuskan pemeran untuk melakukan aktivitas kesehariannya dengan mata tertutup. Tentu ini merupakan kejadian cukup berbahaya, kalau aktivitasnya tidur saja seharian di tempat tidurnya sih tidak masalah, namun bagaimana kalau berkendara, memasak atau yang lain? Tentu akan jadi petaka bagi pelaksana itu sendiri.

Kedepannya nanti jenis video seperti itu akan berkurang, pihak YouTube segera menghapus berbagai macam konten yang dianggap berbahaya semacam itu. Begitu juga dengan Prank alias menjahili orang lain dalam konteks “Berbahaya” juga akan dihapus dari platform media streaming paling populer di Dunia tersebut.

Ketahui Yuk: Cara Mudah Menghitung Kuota Untuk Streaming YouTube

“Kami akan memperbarui pedoman eksternal kami untuk memperjelas bahwa tantangan seperti “Tide Pod Challenge” maupun “Fire Challenge”, yang bisa menyebabkan kematian atau yang sudah menyebabkan kematian, tidak mendapat tempat di YouTube,” seperti itulah kebijakan barunya yang disampaikan melalui akun resmi miliknya di Twitter.

Tidak hanya itu saja, kemudian untuk video prank pihak YouTube menyampaikan kalau “Kami tidak memperbolehkan Prank yang membuat korban percaya bahwa mereka sedang berada dalam situasi fisik yang serius, misalnya Prank tentang home invasion (pembobolan rumah secara ilegal) atau baku tembak dengan berkendara.”

Nantinya para kreator yang tetap melanggar, akan diberikan pemberitahuan untuk menghapus video tersebut selama 2 bulan. Akan tetapi setelah 90 hari masih ada, maka akun pengguna akan dimatikan.

baca juga: Cara Memasang Aplikasi YouTube Go di PC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.